alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kenali Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Mengganggu Kekebalan Tubuh

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar Senin, 05 April 2021 | 18:26 WIB

Kenali Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Mengganggu Kekebalan Tubuh
Ilustrasi makanan dan minuman (Elements Envato)

Berikut ini adalah deretan makanan yang beriso mengganggu sistem kekebalan tubuh kita, jadi hindari di konsumsi banyak-banyak ya!

SuaraSurakarta.id - Memiliki kekebalan tubuh adalah hal yang penting di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, guna terhindar dari berbagai penyakit. Selain menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga, mengonsumsi makanan juga dipercaya dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Mengutip dari Healthshots, temuan menunjukkan bahwa makanan yang tinggi kalori, gula, lemak jenuh, dan garam yang berlebih, dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh seseorang. Karena itu, perlu hindari makanan yang menjadi penyebab melemahnya sistem kekebalan agar tubuh tetap sehat.

Berikut ini adalah deretan makanan yang beriso mengganggu sistem kekebalan tubuh kita, jadi hindari di konsumsi banyak-banyak ya!

1. Soda dan alkohol
Soda dan alkohol dikaitkan dengan adanya dampak negatif pada kesehatan manusia. Karena kandungan soda dan alkohol dapat peningkatan produksi hormon stres kortisol, kadar gula, dan fungsi insulin. Selain itu, kedua minuman ini juga memengaruhi siklus tidur normal, sehingga siklus tidur berpengaruh pada sistem kekebalan.

Baca Juga: 7 Asupan Ini Bisa Ganggu Kekebalan Tubuh, Salah Satunya Keripik Kentang

2. Permen
Kadar gula setelah mengkonsumsi permen dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Seperti permen biasa, karet, dan permen jelly, juga meningkatkan penyakit radikal bebas, yakni kanker, diabetes, dan kardiovaskular.

3. Keripik kentang
Selain bikin ketagihan, makanan ringan ini juga memiliki dampak buruk bagi sistem kekebalan karena keripik kentang mengandung lemak tinggi. Tak hanya itu, mengonsumsi keripik kentang juga menyebabkan tekanan darah tinggi dan juga kolestrol.

4. Daging merah
Daging merah seperti sapi, babi, dan domba, mengandung lemak jenuh tingkat tinggi, sehingga makanan tersebut meningkatkan kolestrol darah. Tidak hanya merusak sistem kekebalan, tapi juga berdampak pada kesehatan jantung ke depannya.

5. Roti putih, biskuit, dan kue kering
Meski makanan ini selalu menjadi camilan di rumah, ternyata makanan ini berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh. Karena terbuat dari tepung sehingga meningkatkan tinggi kalori dan rendah nutrisi, makanan ini juga menyebabkan peradangan, resistensi insulin (kondisi sel tubuh), dan penambahan berat badan.

6. Es krim
Dengan rasa manis dan segar, ternyata es krim menjadi penyebab terjadinya kadar gula darah tinggi karenan tinggi lemak jenuh dan gula, sehingga kandungan tersebut memengaruhi sistem kekebalan Anda.

Baca Juga: Unik! Termyata Ini 5 Sajian Khas Paskah dari Berbagai Negara di Dunia

7. Kopi
Meski kopi menjadi minuman yang baik bagi kesehatan, namun tingkat keasaman kopi dan kafein dapat menjadi penyebab terjadinya gangguan pencernaan, kembung, dan juga sakit perut. Dampak negatif ini tentu memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda ke depan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait