alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Wujud Keris Pangeran Diponegoro yang Dipamerkan di Museum Keris Solo

Ronald Seger Prabowo Senin, 22 November 2021 | 14:24 WIB

Ini Wujud Keris Pangeran Diponegoro yang Dipamerkan di Museum Keris Solo
Keris milik pahlawan nasional Pangeran Diponegoro, Kanjeng Kyai Nogo Siluman dipamerkan di Museum Keris Nusantara atau Museum Keris Solo. [Suara.com/Ari Welianto]

Dalam ruangan tersebut terdapat lukisan Pangeran Diponegoro sedang menaiki kuda.

SuaraSurakarta.id - Keris milik pahlawan nasional Pangeran Diponegoro, Kanjeng Kyai Nogo Siluman dipamerkan di Museum Keris Nusantara atau Museum Keris Solo.

Keris itu dipamerkan di salah satu ruangan yang bernuansa hitam di lantai satu Museum Keris Nusantara Solo. Keris bersama warangka ditempatkan di dalam kotak kaca.

Dalam ruangan tersebut terdapat lukisan Pangeran Diponegoro sedang menaiki kuda. Ada juga penjelasan sejarah mengenai Keris Kanjeng Kyai Nogo Siluman untuk memudahkan da memahamkan pengunjung.

Keris tersebut sempat hilang selama ratusan tahun dan berada di Belanda. Kemudian pada Maret 2020 lalu, Pemerintah Belanda melalui Raja Belanda Willem-Alexander mengembalikan Keris Pangeran Diponegoro kepada Pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Baca Juga: Solo Leveling Chapter 175: Spoiler, Jadwal Tayang, Link Baca

"Ini baru pertama kali keluar dari Museum Nasional sejak diserahkan ke Pemerintah Indonesia dari Pemerintah Belanda," ungkap Pamong Budaya Ahli Muda Museum Nasional, Mananti Amperawan Marpaung saat ditemui di Museum Keris Nusantara Solo, Senin (22/11/2021).

Keris Pangeran Diponegoro yang merupakan Pahlawan Nasional ini dipamerkan di Museum Keris Nusantara di Kota Solo dalam rangka Pekan Keris-Indonesian Keris for the World 2021 mulai 20-25 November 2021. 

Keris Kanjeng Kyai Nogo Siluman merupakan salah satu keris peninggalan dan punya nilai sejarah. Di mana dulu dipakai Pangeran Diponegoro dengan gigihnya saat berperang melawan Belanda. 

"Biasanya kita pamerkan di Lantai empat Gedung B Museum Nasional, terakhir pada Desember 2020. Kali ini kita pamerkan di Museum Keris Nusantara Kota Solo sampai 25 November 2021 nanti," paparnya.

Selama ini Keris Pangeran Diponegoro kembali ke Indonesia disimpan dan dirawat di Museum Nasional di Jakarta. Nanti setelah pamerin ini selesai keris akan dibawa lagi ke Museum Nasional.

Baca Juga: Keren! Kota Solo Akan Mempunyai Destinasi Kampung Wisata Prajurit Wiro Tamtomo

"Jadi begitu sampai di Indonesia pada 2020 lalu langsung disimpan di Museum Nasional," sambung dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait