facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keren! Kota Solo Akan Mempunyai Destinasi Kampung Wisata Prajurit Wiro Tamtomo

Ronald Seger Prabowo Minggu, 21 November 2021 | 19:20 WIB

Keren! Kota Solo Akan Mempunyai Destinasi Kampung Wisata Prajurit Wiro Tamtomo
Kelompok Terus Bergerak saat melakukan serasehan rencana menjadikan Kampung Wisata Prajurit Wiro Tamtomo dengan warga Tamtaman, Solo, di Balai Desa RW lX.

Selain itu, di kampung wisata ini juga ada kerajinan lokal, pelatihan UMKM, hingga seni pertunjukan tarian tradisional jawa.

SuaraSurakarta.id - Geliatkan kembali perekonomian di pascapandemi Covid-19, muda-mudi Kampung Tamtaman, Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo akan membuka destinasi kampung wisata baru yang berada di Kawasan Keraton Kasunanan Solo.

Wisata baru itu meurpakan kolorasi Kampung Wisata Prajurit Tamtomo dari wisata sejarah di kampung itu sendiri, UMKM, hingga kuliner kearifan lokalnya.

Diawali dengan keresahan dari potensi kampungnya yang selama ini fakum dalam destinasi wisatanya, Kelompok Terus Bergerak bimbingan Indonesia Brand Aktifis Network (IBAN), nantinya diharapkan bisa menambah fariasi baru destinasi wisata yang ada di Kota Solo. 

Budiono Kusumo, Anggota IBAN yang bermarkas di Jakarta, dan juga sebagai Warga Kampung Tamtaman tersebut, mengungkapkan bahwa selama ini warga di kampungnya cenderung berdikari sendiri dari aktifitasnya. 

Baca Juga: Solo Gelar Atraksi Budaya Prajurit untuk Gaet Wisatawan

Mengingat di kampung ini berada di Kawasan Wisata Keraton Solo, maka mereka secara bersama akan memanfaatkan potensi wilayahnya yang ada, untuk menjadikan kampungnya agar tetap terintegrasi dengan wisata Kerajaan Mataram tersebut. 

Di Kampung Wisata Prajurit Tamtomo ini menurut Budi, nantinya akan dikemas wisata sejarah Prajurit Tamtomo, yang mana di Kampung Tamtaman ini dahulunya adalah bekas pemukiman rumah Prajurit Wiro Tamtomo pada masa Pemerintahan Mataram Keraton Kasunanan Surakarta.

"Selain menikmati beragam sejarah, wisatawan ini nantinya diharapkan juga bisa menikmati UMKM dan kuliner tradisional yang tersaji sepanjang Jalan Kampung Tamtaman," kata Budiono, Minggu (21/11/2021).

Untuk jenis kuliner, Kelompok Terus Bergerak ini nantinya juga menyajikan kuliner kesehatan, baik dari tradisional jejamuan, hingga aneka hasil bumi. 

Selain itu, di kampung wisata ini juga ada kerajinan lokal, pelatihan UMKM, hingga seni pertunjukan tarian tradisional jawa. 

Baca Juga: Lestarikan Prajurit Bersejarah Keraton Surakarta, Gibran: Sebagai Daya Tarik Wisata

"Jadi inikan warisan leluhur yang harus kita uri uri budaya dan seisinya. Nah sebagian warga kita juga banyak yang masih sentono (keluarga) dan Abdi Dalem Keraton Solo," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait