alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Soal Pemilihan Raja Mangkunegaran, Adik Paundra: Disini Saya Netral

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 20 November 2021 | 15:42 WIB

Soal Pemilihan Raja Mangkunegaran, Adik Paundra: Disini Saya Netral
Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundra Jiwa Suryanegara (kiri), Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Roy Rahajasa Yamin (tengah) dan GPH Bhre Cakrahutomo (kanan). [Dok]

Suksesi Mangkunegaran akan segera digelar, dalam acara itu akan memilih raja baru

SuaraSurakarta.id - Pura Mangkunegaran Surakarta baru saja menyelesaikan peringatan 100 hari meninggalnya KGPAA Mangkunegara IX, Jumat (19/11/2021) malam.

Tidak lama lagi penerus pewaris takhta menggantikan KGPAA Mangkunegara IX akan segera diumumkan. Mangkunegaran pun akan memiliki raja baru. 

Ada tiga nama calon yang santer sebagai penerus pimpinan Pura Mangkunegaran. Ketiga nama tersebut, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara merupakan putra KGPAA Mangkunegara IX dengan istri Sukmawati Soekarnoputri. 

Kemudian GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang merupakan putra dari Permaisuri Mangkunegara IX Prisca Marina Haryogi Supardi 

Baca Juga: Suksesi Mangkunegaran Harus Putra Prameswari Dalem, Peluang GPH Bhre Cakrahutomo Terbuka?

Selanjutnya adalah KRMT Roy Rahajasa Yamin yang merupakan cucu dari KGPAA Mangkunegara VIII.  

GRA Putri Agung Suniwati atau akrab disapa Gusti Menur yang putri KGPAA Mangkunegara IX dari istri Sukmawati Sukarnoputri berharap pewaris takhta kedepan bisa membuat Putra Mangkunegaran lebih maju dan sejahtera. 

"Siapapun itu, pakem adat istiadat tidak dihilangkan. Dan juga sosial budayanya," terang adik kandung GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara ini. 

Menurutnya, siapapun nanti yang terpilih dan jadi KGPAA Mangkunegara X harus memperhatikan itu semua. 

Meski Gusti Menur merupakan adik kandung Gusti Paundra tidak mendukung siapapun untuk menjadi pewaris takhta Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Raja Mangkunegaran Belum Juga Dipilih, Sejarahwan: Selalu Berjalan dengan Baik

"Disini saya netral. Siapapun itu, yang penting bisa meneruskan perjuangan almarhum ayah saya (Mangkunegara IX)," ungkap dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait