facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jumenengan KGPAA Mangkunegara X Dihadiri Orang-orang Penting, Ini Pesan Raja Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 12 Maret 2022 | 13:41 WIB

Jumenengan KGPAA Mangkunegara X Dihadiri Orang-orang Penting, Ini Pesan Raja Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat
Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo resmi menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X melalui acara pengukuhan di Pura Mangkunegaran Surakarta, Sabtu (12/3/2022). [ANTARA/Aris Wasita]

Pengukuhan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X dihadiri orang-orang penting negara dan trah kerajaan mataram

SuaraSurakarta.id - Pengukuhan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X dihadiri orang-orang penting negara dan trah kerajaan mataram. 

Dari Presiden Joko Widodo, ada Raja Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengkubuwono X bersama permaisuri, Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII bersama permaisuri, dan pemimpin Pura Pakualam Yogyakarta  KGPAA Pakualam X. 

Berdasarkan pantauan, Presiden Jokowi tiba di Pura Mangkunegaran sekitar pukul 11.50 WIB. Dengan mengenakan setelan jas dan celana panjang berwarna biru tua, Jokowi langsung menaiki "paringgitan" di mana Adipati Mangkunegara X duduk.

Setelah sempat bersalaman dengan KGPAA Mangkunegara X serta tamu yang juga duduk di paringgitan, Jokowi duduk bersama Sri Sultan Hamengkubuwana X dan Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII. 

Baca Juga: Legawa Gagal Jadi Mangkunegara X, Sikap Paundrakarna Tuai Pujian dari Budayawan Solo

Usai berbincang selama beberapa menit, Presiden Jokowi kemudian berpamitan dan meninggalkan lokasi sekitar pukul 12.00 WIB.

Sementara itu, pada kesempatan itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X berharap agar Adipati Mangkunegara X bisa terus melestarikan kebudayaan.

"Kalau saya harapan saja, tadi dalam pidatonya kan tentang kebudayaan," katanya.

Sementara itu, Presiden Jokowi berada di Solo untuk melakukan kunjungan kerja sekaligus mendatangi acara pernikahan salah satu keluarga.

Meski demikian, Jokowi tidak menginap di kediaman pribadinya di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo melainkan di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta.

Baca Juga: Unik! Menyambut Mangkunegara X, Penari Bedhaya Anglir Mendhung Harus Remaja hingga Tidak Sedang Menstruasi

Terkait dengan pengukuhan, sebelumnya Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo resmi menjadi KGPAA Mangkunegara X melalui prosesi pengukuhan yang dilaksanakan di Pura Mangkunegaran Surakarta.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait