facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Yap Tjwan Bing, Tokoh Keturunan Tionghoa Asal Solo yang Jadi Anggota BPUPKI

Budi Arista Romadhoni Selasa, 01 Februari 2022 | 15:08 WIB

Yap Tjwan Bing, Tokoh Keturunan Tionghoa Asal Solo yang Jadi Anggota BPUPKI
Jalan Yap Tjwan Bing yang berada di daerah Jagalan Kecamatan Jebres Kota Solo. [suara.com/ari welianto]

Warga keturunan Tionghoa yang pernah terlibat dalam kemerdekaan Bangsa Indonesia, salah satunya Yap Tjwan Bing

SuaraSurakarta.id - Ada beberapa warga keturunan Tionghoa yang pernah terlibat dalam kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Salah satu warga keturunan Tionghoa tersebut adalah Yap Tjwan Bing. Ia merupakan warga keturunan Tionghoa yang berasal dari Kota Solo. 

Yap Tjwan Bing, adalah seorang politikus keturunan Tionghoa yang terpilih menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). 

"Beliau seorang politikus keturunan Tionghoa. Lahirnya di Kota Solo," ujar Sejarawan Chandra Halim saat ditemui Suara.com

Baca Juga: Jusuf Kalla Himbau Umat Islam Belajar Berwirausaha ke Warga Keturunan Tionghoa

Menurutnya, ia menempuh pendidikan dari SD, SMP, SMA model sekolah-sekolah Eropa. Kemudian menempuh kuliah hukum di Belanda. Ia lahir di Solo pada 31 Oktober 1910 dan tinggal di daerah Slompretan sekitar Pasar Klewer.

"Selanjutnya beliau pulang ke Indonesia dan aktif di politik bersama teman-temannya. Beliau juga pernah tinggal di Bandung membuka toko obat-obatan," katanya.

Selain, Yap Tjwan Bing ada juga orang keturunan Tionghoa yang juga terlibat dalam kemerdekaan bangsa Indonesia. Hanya saja, Yap Tjiwan Bing yang lebih beruntung.

"Sebenarnya ada beberapa lagi keturunan Tionghoa selain Yap Tjwan Bing yang aktif dalam kemerdekaan Bangsa Indonesia," ungkap Dosen Sanata Dharma Yogyakarta ini.

Menurutnya, BPUPKI itu terbentuk pada zaman pendudukan Jepang di Indonesia. Pada waktu itu Sukarno juga masuk menjadi anggotanya, ketua BPUPKI adalah KRT Radjiman Wedyodiningrat. 

Baca Juga: 9 Nama Asli Artis Keturunan Tionghoa, Ada yang Beda Banget

"Yap Tjwan Bing, seorang keturunan Tionghoa yang bergabung dalam BPUPKI. Sebenarnya ada tiga orang keturunan Tionghoa yang masuk BPUPKI," sambungnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait