facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kebutuhan Oksigen di Kota Solo Tinggi, Pemkot Akan Bangun Depo Khusus Oksigen

Budi Arista Romadhoni Kamis, 08 Juli 2021 | 17:50 WIB

Kebutuhan Oksigen di Kota Solo Tinggi, Pemkot Akan Bangun Depo Khusus Oksigen
Tabung oksigen. Kasus Covid-19 melonjak, oksigen mulai langka, Pemerintah Kota Solo akan segera membangun depo oksigen sendiri. (Antara)

Kasus Covid-19 melonjak, oksigen mulai langka, Pemerintah Kota Solo akan segera membangun depo oksigen sendiri

SuaraSurakarta.id - Angka kasus Covid-19 di Kota Solo kian hari terus melonjak dan membuat kebutuhan tabung gas oksigen meningkat hingga menyebabkan kelangkaan. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pun berupaya akan membuat semacam depo khusus untuk penampungan oksigen di Kota Solo. 

"Di Jawa Tengah kebetulan memang tidak punya pabriknya, itu ada di Jawa Timur. Jadi kita rencana akan membuat depo oksigen, ini agar suplai dari distributor biar tidak terhambat," terang Ketua Satgas Covid-19 Solo, Ahyani, Kamis (8/7/2021). 

Rencananya depo oksigen tersebut akan ditempatkan di Solo Techno Park (STP) atau kawasan Pedaringan. Untuk di Pedaringan memang lokasinya yang memadai untuk menampung dalam skala yang besar. 

Baca Juga: Polda Jateng Terjunkan Tim Kawal Distribusi Oksigen ke Rumah Sakit

"Nanti bisa kita tempatkan di STP atau Pedaringan yang tempatnya memadai. Tapi ini masih kita bahas untuk tindak lanjutnya," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Solo ini. 

Ahyani menjelaskan, jika selama ini di masing-masing rumah sakit butuhnya itu sampai berpuluh-puluh tabung setiap harinya. Itu kalau melihat data pasien yang di rawat di rumah sakit dan itu menjadi perhatian. 

"Perharinya itu tiap rumah sakit membutuhkan puluhan tabung oksigen," kata dia. 

Menurutnya, jumlah aktif kasus Covid-19 di Solo sekitar 3.000 an dan Solo masuk level 4 atau resiko tinggi. Untuk tingkat kematian masih relatif tinggi, karena sudah diatas dua atau tiga kasus yang meninggal. 

"Status Solo level 4 dan itu tertinggi.Up date zona biasanya dua minggu sekali dan yang menentukan pusat. Kita sebenarnya sudah menghitung sendiri tapi yang merilis pusat.

Baca Juga: Cari Informasi Rumah Sakit, Oksigen hingga Ambulans? Silahkan Cek di Situs Ini

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan untuk oksigen bagi Solo masih merupakan kendala. Ia pun meminta sangat kepada yang berwenang agar pasokan oksigen bisa lancar. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait