alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sering Terjadi Kecelakaan Maut, Anggaran Penerangan Jalan di Sragen Cuma Rp10 Juta

Budi Arista Romadhoni Rabu, 09 Juni 2021 | 16:17 WIB

Sering Terjadi Kecelakaan Maut, Anggaran Penerangan Jalan di Sragen Cuma Rp10 Juta
Ilustrasi anggaran pemeliharaan lampu penerangan jalan umum alias PJU di Kabupaten Sragen ternyata cuma Rp10 juta. Hal itu memicu terjadinya kecelakaan maut di wilayah tersebut (Shutterstock)

Anggaran pemeliharaan lampu penerangan jalan umum alias PJU di Kabupaten Sragen ternyata cuma Rp10 juta, hal itu tentu saja sebagai salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas

SuaraSurakarta.id - Kecelakaan maut sering terjadi di Kabupaten Sragen. Usut punya usut ternyata kecelakaan itu terjadi karena minimnya lampu penerangan jalan

Dilansir dari Solopos.com, Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen mengakui anggaran pemeliharaan lampu penerangan jalan umum alias PJU pada tahun ini relatif minim yakni Rp10 juta. Jumlah itu menurun drastis mengingat anggaran pemeliharaan lampu PJU pada 2020 mencapai sekitar Rp80 juta.

Turunnya anggaran itu karengan Pandemi Covid-19. Hal itu membuat Pemkab Sragen merasionalisasi anggaran sejak 2020.

Sejumlah anggaran dipangkas lalu dialihkan untuk kegiatan penanggulangan Covid-19. Dari dana alokasi umum (DAU) 2021 senilai Rp1,04 triliun, sebanyak 8% atau Rp83,28 miliar di antaranya digunakan untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga: Kuliner Khas Sangiran Sragen, Ada Balung Kethek Hingga Kacang Kreweng

Kebijakan refocusing DAU itu dilakukan berdasarkan Surat Edaran (SE) Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) No. SE-2/PK/2021 tertanggal 8 Februari 2021. Sebelum ada kebijakan refocusing DAU, Pemkab Sragen hanya menyediakan anggaran Rp10 miliar yang bersumber dari belanja tak terduga untuk penanganan Covid-19 pada 2021.

Kebijakan refocusing anggaran untuk kegiatan penanggulangan Covid-19 itu membuat porsi anggaran sejumlah kegiatan menjadi berkurang. Kegiatan pemeliharaan lampu PJU misalnya, hanya mendapat porsi anggaran Rp10 juta dari APBD Sragen 2021.

“Dalam setahun, kami diberi anggaran Rp10 juta untuk mengurusi [semua lampu PJU] se-Kabupaten Sragen. Untuk harga lampu berkisar Rp300.000-Rp500.000. Itu baru harga lampu, belum komponen lain yang harus diganti karena rusak,” terang Kabid Lalu Lintas, Dishub Sragen, David Hendrata, kepada Solopos.com, Rabu (9/6/2021).

Di sisi lain, David mengaku belum mendapat laporan terkait adanya lampu PJU di jalan Saradan-Pengkok Sragen yang mati dalam beberapa hari terakhir. Gelapnya kondisinya jalan kabupaten itu disinyalir sebagai salah satu penyebab terjadinya dua kecelakaan tunggal yang mengakibatkan nyawa dua pengendara motor melayang dalam kurun waktu lima hari.

“Nanti biar kami cek dulu ke lokasi,” paparnya.

Baca Juga: Paman Cabuli Keponakan Berkali-kali Hingga Hamil Ternyata Hobi Foto Anak Saat Mandi

Kecelakaan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait