alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menyambut Lailatul Qadar, Santri di Solo Membaca Al Quran Gunakan Sentir

Ronald Seger Prabowo Rabu, 05 Mei 2021 | 03:20 WIB

Menyambut Lailatul Qadar, Santri di Solo Membaca Al Quran Gunakan Sentir
Tradisi unik dalam menyambut malam Lailatul Qadar dilakukan para santri dari Pondok Pesantren Baitul Mustofa, Solo dengan membaca kitab Alquran dengan penerangan kuno sentir, Selasa (4/5/2021) malam. [Suara.com/Budi Kusum]

Membaca Alquran dengan tradisi menggunakan sarana sentir dan lilin ini memiliki filosofi, yakni memberi penerangan.

SuaraSurakarta.id - Malam Lailatul Qadar 2021 bisa jadi merupakan malam yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan. Terdapat banyak keutamaan malam Lailatul Qadar.

Ada tradisi unik dalam menyambut malam itu yang dilakukan para santri dari Pondok Pesantren Baitul Mustofa, Solo. Mereka terus menjalankan tradisi membaca kitab Alquran dengan penerangan kuno yaitu sentir, Selasa (4/5/2021) malam. 

Mereka membaca ayat suci itu di teras pondok yang berada di Kelurahan Mojosongo, atau sisi utara Kota Bengawan.

"Membaca Alquran ini untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Kalau di Keraton Surakarta ada tradisi malam selikuran," ungkap pengawas Yayasan Baitul Mustofa, Ngadiyo Ahmad Hadinakarim saat berbincang di lokasi.

Baca Juga: Ramadhan ke-22, Ini Jadwal Buka Puasa di Surakarta dan Sekitarnya

Dia menceritakan, membaca Alquran dengan tradisi menggunakan sarana sentir dan lilin ini memiliki filosofi, yakni memberi penerangan. 

Ngadiyo berharap, deengan simbol sentir diharapkan para remaja dan anak-anak memberikan penerangan antarsesama umat manusia.

"Sehingga dapat memberikan kesejukan kepada masyarakat. Sedangkan kegiatan ini sejak tahun 2013. Tapi masa pandemi, tahun lalu dihentikan," tuturnya.

"Sekarang kembali diselenggarakan dengan jumlah terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan," tambah dia.

Dalam kesempatan itu salah satu santri Arden Saputra, mengaku sudah tiga kali ini mengikuti bacaan Alquran setiap ramadhan dengan puluhan peserta lainnya. 

Baca Juga: Catat! Gibran Larang Warga Takbiran Keliling dan Salat Id di Lapangan

Meski era sekarang sudah modern, Arden menyebut membaca Al Quran disaat bulan Ramadhan menggunakan penerangn sentir menambah khusyuk.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait