alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kekeh Copot Lurah Meski Diprotes Warga, Gibran Beri Jawaban Menohok

Ronald Seger Prabowo Selasa, 04 Mei 2021 | 09:39 WIB

Kekeh Copot Lurah Meski Diprotes Warga, Gibran Beri Jawaban Menohok
Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kiri), disambut Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat tiba di Loji Gandrung, Solo, Rabu (7/4/2021). Kunjungan tersebut menurut Ahok untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus sharing tentang pengalaman kepemimpinan. [Solopos/Nicolous Irawan]

Keputusan pencopotan itu sempat menimbulkan pro dan kontra.

SuaraSurakarta.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mencopot Lurah Gajah, Suparno usai terlibat kasus pungutan liar atau pungli oleh petugas Linmas.

Pungli itu berkedok zakat yang ditarik dari para pedagang dengan total Rp11,5 juta. Uang itu akhirnya dikembalikan lagi oleh Gibran.

Keputusan pencopotan itu sempat menimbulkan pro dan kontra. Bahkan sejumlah warga di Kelurahan Gajahan kecewa lantaran sang lurah selama ini dinilai bekerja dengan baik.

"Jujur kami dukung pak lurah sepenuhnya. Kami warga Gajahan mendukung dan sangat kecewa dengan kebijakan pencopotan pak lurah," ujar salah satu warga Gajahan Ananda (60).

Baca Juga: Dipecat Gibran, Lurah Gajahan Solo Angkat Bicara: Kita Salah

Meski demikian, Gibran kekeh dengan keputusan itu dan menilai Suparno, tetap salah sekalipun ia tidak menerima hasil pungli tersebut.

"Kesalahannya sudah jelas, surat sudah jelas seperti itu, redaksinya seperti apa. Sudah jelas kesalahannya," katanya dilansir Solopos.com--jaringan Suara.com, Selasa (4/5/2021).

Menurut Gibran, Lurah Gajahan Solo bersalah walaupun tidak menerima uang dari hasil pungli karena tanda tangannya adalah bentuk tanggung jawab.

Gibran juga tidak mempermasalahkan dukungan warga terhadap Lurah Gajahan. Hal itu tidak mempengaruhi bersalah atau tidaknya Suparno.

"Yang jelas pak lurah dan linmas kemarin sudah menghadap inspektorat. Ya, prosesnya dilalui saja, kesalahannya apa, pelanggarannya apa," tegas dia.

Baca Juga: Tanah Abang Ramai Jelang Lebaran, Gibran: Kenapa Gue yang Disalahin?

Sementara itu, Camat Pasar Kliwon, Ari Dwi Daryatmo, mengatakan dalam pemeriksaan, eks Lurah Gajahan Suparno mengaku tidak menerima hasil uang pungli zakat dan sedekah Hari Raya Idulfitri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait