alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dawet Telasih Menu Legendaris Pasar Gede Solo, Favorit Warga Saat Ramadhan

Budi Arista Romadhoni Kamis, 15 April 2021 | 13:00 WIB

Dawet Telasih Menu Legendaris Pasar Gede Solo, Favorit Warga Saat Ramadhan
Dawet Telasih Yu Dermi Pasar Gede Kota Solo. [Suara.com/Budi Kusumo]

Dawet Telasih di Pasar Gede Solo menjadi makanan legendaris yang patut dicoba menjadi hidangan buka puasa

SuaraSurakarta.id - Kota Solo dikenal dengan surganya wisata kuliner. Berbagai macam kuliner untuk berbuka puasa dari makanan ringan hingga menu legendaris pun menjadi favorit.

Di Pasar Gede Kota Solo terdapat menu buka yang hingga kini masih melegenda yaitu Dawet Telasih Yu Dermi. Dawet ini menjadi makanan legendaris dan cukup dikenal oleh banyak kalangan.

"Dawet telasih kita sudah lama sekali mas, sejak Pasar Gedhe ini berdiri. Nenek saya sudah berjualan," kata Rut Tulus Subekti, salah satu generasi ketiga yang meneruskan jualan dawet telasih sejak tahun 1930 an, Rabu (14/4/2021). 

Baca Juga: Waktu Buka Puasa Makassar Kamis 15 April 2021 dan Masjid Tempat Ngabuburit

Wanita yang kerap disapa Bu Utit mengungkapkan, awal jualan dawet telasih adalah nenek buyutnya yaitu Mbah Hardjo untuk kemudian diteruskan neneknya Yu Dermi dan sekarang dirinya.

Utit juga menjelaskan bahwa dirinya jualan dawet sudah  15 tahun. Presiden Joko Widodo pun pernah meminum dawet di Yu Dermi ini. 

"Pak Jokowi juga pernah kesini. Namun sebelum beliaunya menjadi kepala negara," ungkap Utit.

Apalagi setiap Bulan Ramadhan ini. Dawet telasih buatannya selalu menjadi menu favorit sebagai pembuka saat buka puasa tiba. 

"Bulan Ramadhan selalu banyak masyarakat yang membungkus mas. Biasanya mereka pagi atau siang gitu mereka pesan," ucapnya.

Baca Juga: Viral Kisah Cinta Kandas Gegara Meme Bulan Ramadhan Ini

Dawet Telasih buatan Utit yang berkomposisi, cendol, ketan manis, sunsum gurih, santan, serta telasih tersebut cocok untuk di cuaca panas maupun dingin dengan harga yang ekonomis yaitu Rp10 ribu per porsi.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait