facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wakil Wali Kota Solo Pensiun Berpolitik, Kapok Ditikung Gibran?

Ronald Seger Prabowo Rabu, 10 Februari 2021 | 09:39 WIB

Wakil Wali Kota Solo Pensiun Berpolitik, Kapok Ditikung Gibran?
Achmad Purnomo. (Solopos)

Pucuk kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo yakni FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo segera berganti.

SuaraSurakarta.id - Pucuk kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo yakni FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo segera berganti. Keduanya bakal purnatugas mulai 17 Februari mendatang setelah 8 tahun mengabdi bersama-sama.

Purnomo pun menyatakan ingin istirahat dari dunia perpolitikan dan memilih menghabiskan waktiu bersama keluarga sekaligus mengurusi bisnis dan usaha.

Berbagai pihak berspekulasi jika keengganan Achmad Purnomo kembali ke dunia politik salah satunya kapok gagal mendapat rekomendasi di Pilkada Solo 2020.

“Saya tidak akan ke politik lagi. Saya hanya mau kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti di Kagama, PMI, Amal Sahabat dan organisasi lainnya. Saya juga akan kembali mengurusi usaha saya yang kurang mendapat perhatian selama ini,” kata Purnomo dilansir Solopos.com--jaringan Suara.com, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: Achmad Purnomo Ungkap Momen Jelang Purnatugas Wawali Solo

Seperti diketahui, dalam Pilkada 2020, DPC PDI Perjuangan Kota Solo sedari awal tak membuka pendaftaran dan sepakat mengusung Achmad Purnomo bersama Teguh Prakosa.

Namun, Gibran Rakabuming Raka mendadak mendaftarkan diri sebagai bakal calon (balon) Wali Kota Solo melalui DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Seiring berjalannya waktu, 'tikungan' sang putra Presiden Joko Widodo membuahkan rekomendasi yang akhirnya jatuh ke Gibran sebagai balon wali kota dan Teguh Prakosa sebagai wakilnya. Pasangan itu akhirnya memenangkan Pilkada lalu dan segera menunggu pelantikan.

Purnomo mengaku ingin memanfaatkan waktunya agar lebih akrab dengan anggota keluarganya. Apalagi dia sudah mempunyai delapan cucu dari empat anaknya yang sudah berkeluarga semua dan tingal di rumah masing-masing.

“Setelah purnatugas nanti saya dan istri akan tetap tinggal di Solo di Jl. Bhayangkara. Kalau anak-anak kan sudah tinggal di rumah sendiri-sendiri. Rencana rumah saya nanti untuk posko kegiatan-kegiatan sosial, seperti dulu lagi,” sambung dia.

Baca Juga: Ide Jokowi, Polemik Masjid Taman Sriwedari Jadi Tantangan Gibran

Achmad Purnomo mengaku tidak sedih harus mengakhiri karir politiknya di eksekutif saat ini. Sebab menurut dia kiprahnya di dunia politik dilatarbelakangi semangat pengabdian. Tapi ketika kenyataan berkata dirinya harus menyudahi pengabdiannya, dia ikhlas.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait