facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banjir 2007 Momen Tak Terlupakan Wali Kota Solo, Alasannya Bikin Trenyuh

Ronald Seger Prabowo Selasa, 09 Februari 2021 | 10:07 WIB

Banjir 2007 Momen Tak Terlupakan Wali Kota Solo, Alasannya Bikin Trenyuh
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat meninjau progres pembangunan Stadion Manahan. [Suara.com/Ari Purnomo]

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo segera purnatugas 16 Februari mendatang. Sosok yang akrab disapa Rudy itu sudah sekitar 15 tahun jadi pemimpin du Bumi Bengawan.

SuaraSurakarta.id - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo segera purnatugas 16 Februari mendatang. Sosok yang akrab disapa Rudy itu sudah sekitar 15 tahun jadi pemimpin du Bumi Bengawan.

Rinciannya, tahun 2005-2012 dia menjadi Wakil Wali Kota Solo mendampingi Joko Widodo (Jokowi) sebelum jadi Gubernur DKI.

Sementara sejak 2012 hingga saat ini, Rudy jadi orang nomor satu di Solo didampingi Achmad Purnomo.

Belasan tahun mengabdi untuk Kota Solo, beragam cerita, pengalaman, dan suka-duka sudah dialami politisi PDI Perjuangan tersebut.

Baca Juga: Kontes Ikan Cupang di Solo Dibubarkan Polisi, Ternyata Ini Faktanya

Saat disodori pertanyaan SuaraSuarakarta.id berkait momen tak terlupakan, Rudy dengan tegas menyebut banjir besar yang melanda Solo 2007 silam.

Seperti diketahui, wilayah Sungai Bengawan Solo di Kota Solo dan sekitarnya meluap dan terjadi banjir besar yang merendam ribuan rumah pada akhir Desember 2007. Bahkan tinggai air hingga mencapai 3 meter.

Tak hanya rumah, sejumlah jalan serta jembatan penghubung antardaerah ditutup karena terendam air. Sebut saja jembatan Mojo yang menghubungkan Semanggi dengan Mojolaban, hingga kawasan Jurug.

"Momen yang paling tidak terlupakan ya banjir 2007 itu. Saya berhasil mencari anggaran ke pusat dan mendapatkan Rp 53 miliar untuk merelokasi 1.571 KK di bantaran sungai," ungkap Rudy saat menghadiri malam tirakatan Hari Pers Nasional (HPN) di Monumen Pers Nasional, Solo, Senin (8/2/2021) malam.

Bukan tanpa sebab Rudy memilih musibah itu sebagai momen tak terlupakan. Menurutnya, dia berkaca pengalaman hidup yang dirasakan sejak kecil berkaitan dengan penggusuran.

Baca Juga: Brak! Video Detik-detik Pemulung Tersangkut Rel dan Tertabrak Kereta Api

"Selama hidup saya mulai usia 5 hingga 15 tahun, saya pernah tergusur tiga kali tanpa mendapatkan ganti rugi," ungkapnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait