Sungkem ke Sinuhun Paku Buwono XIII, Gibran Ungkap Pesan Penting untuk Keraton Solo

PB XIII datang ke Loji Gandrung bersama dengan permaisuri Gusti Kanjeng Ratu PB XIII Hangabehi.

Ronald Seger Prabowo
Rabu, 04 Januari 2023 | 16:14 WIB
Sungkem ke Sinuhun Paku Buwono XIII, Gibran Ungkap Pesan Penting untuk Keraton Solo
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sungkem kepada Raja Keraton Solo, Sinuhun Paku Buwono XIII di Loji Gandrung, Rabu (4/1/20223). [dok]

SuaraSurakarta.id - Raja Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo, Sinuhun Paku Buwono XIII menghadiri undangan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung, Rabu (4/1/2023).

PB XIII datang ke Loji Gandrung bersama dengan permaisuri Gusti Kanjeng Ratu PB XIII Hangabehi, anaknya yang sudah diangkat sebagai putra mahkota Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH) Purbaya, beserta adik raja GKR Koes Moertiyah.

Kedatangan PB XIII itu langsung disambut Gibran dengan sungkem sebelum memasuki gedung utama Loji Gandrung.

Gibran mengatakan diundangnya kedua belah pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang selama ini berkonflik dalam pertemuan tersebut salah satunya untuk menyampaikan visi misi Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terhadap Keraton Solo.

Baca Juga:Aksi Lucu Gibran Datang ke Kantor Tanpa Gunakan Masker dan Bawa Botol Mixue, Mau Endorse?

"Nanti akan saya jelaskan visi misi dari Pemkot Solo. Visi dari saya, prioritas pembangunan, dan nanti apa saja yang bisa disentuh di Keraton Solo," kata Gibran dilansir dari Ayosolo.id--jaringan Suara.com.

Terkait sudah damainya kedua kubu yang selama ini berkonflik, Gibran menyambut baik hal itu dan oleh sebab itupula pihaknya mengundang keduanya dalam pertemuan di Rumah Dinas Loji Gandrung.

Mengingat selama ini Pemerintah tidak bisa masuk lantaran terkendala konflik internal yang berlangsung belasan tahun.

"Kalau saya lihat kemarin dari kedua belah pihak juga sudah adem, makanya kita undang untuk memberikan penjelasan ke depannya seperti apa dan kenapa selama ini kita tidak bisa masuk (melakukan revitalisasi), ya karena itu tadi ada faktor yang menghambat," tandas Gibran.

Gibran pun kembali menegaskan pihaknya masih memiliki komitmen untuk memperbaiki Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat asalkan kondisi internal bisa damai seterusnya.

Baca Juga:Gibran Rakabuming Bikin Salfok, Kepergok Kalungan Botol Minum Mixue saat Datangi Balai Kota Solo

"Untuk tahun ini memang belum bisa karena APBD 2023 sudah digedok tahun lalu, begitu juga dengan dana dari UEA sudah direncanakan untuk bangun kawasan Kelurahan Baluwarti dulu karena kemarin kan belum damai. Coba damainya sebelum aku ke UEA kan bisa dibicarakan. Tapi karena ini sudah digedok. Sudah dialokasikan anggarannya kita carikan solusi. Kita carikan investor baru lagi," ungkapnya

News

Terkini

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Solo bersama Pemerintah Kota (Pemkot) terus mengebut sisa-sisa tanah yang belum bersertifikat.

News | 23:42 WIB

Taufiq menyebut demo yang mengorganisir mahasiswa ini juga merupakan wujud dari kegagalan Rektor UNS dalam membina dan memimpin jajarannya.

News | 17:55 WIB

Adanya kenaikan PBB tahun 2023 ini membuat warga merasa keberatan, apalagi dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

News | 17:50 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinyatakan lolos verifikasi bakal calon ketua umum PSSI, Ini Tanggapan Gibran

News | 15:39 WIB

Selama agenda di Kota Solo, Rabu (1/2/2023) tidak ada agenda pertemuan antara Anies dan Gibran.

News | 19:59 WIB

Dalam video berdurasi 1 menit 9 detik yang beredar ini menampilkan suasana jalan dan pintu tol Colomadu.

News | 16:09 WIB

Aksi yang diikuti oleh dosen, mahasiswa, civitas akademi dan alumni FKOR UNS ini digelar buntut dari di somasinya Dekan FKOR UNS, Sapta Kunta Purnama oleh Majelis Wali Amanat.

News | 13:31 WIB

Kali ini Laskar Sambernyawa mendatangkan Arif Budiyono, bek tengah yang sebelumnya sempat membela taji Persis Solo di Liga 2 2021.

News | 13:15 WIB

Usulan tersebut muncul saat Diskusi Refleksi Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di halaman Kantor DPW PKB Jateng, Semarang, Rabu (1/2/2023) malam.

News | 10:52 WIB

Tim Laskar Sambernyaw bertekad meraih poin penuh demi memperbaiki peringkat di klasemen sementara.

News | 08:44 WIB

Anies Baswedan banyak mendapat dukungan dan harapan dari para seniman yang hadir untuk maju di Pilpres 2024 nanti.

News | 20:22 WIB

Dalam Whatsapp itu, tertulis deretan pesan penawaran program bantuan TA 2023 dari orang nomor dua di Kota Makmur tersebut.

News | 16:49 WIB

Wali Kota Solo itu juga dinilai mampu mengambil hati dan simpati Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

News | 16:32 WIB

Untuk calon anggota Exco PSSI, ada 53 orang yang dinyatakan lolos.

News | 16:08 WIB

Gibran mengaku tidak ada pembahasan khusus termasuk masalah Pilkada.

News | 16:04 WIB
Tampilkan lebih banyak