Hasil Survei: Pandemi COVID-19 Merubah Gaya Hidup Masyarakat Indonesia, Kesehatan Menjadi yang Utama

Dari hasil survei, pandemi COVID-19 merubah gaya hidup masyarakat, hingga meninggalkan kebiasaan gaya hidup tidak sehat

Budi Arista Romadhoni
Jum'at, 18 November 2022 | 10:39 WIB
Hasil Survei: Pandemi COVID-19 Merubah Gaya Hidup Masyarakat Indonesia, Kesehatan Menjadi yang Utama
Ilustrasi Gaya Hidup Sehat. Dari hasil survei, pandemi COVID-19 merubah gaya hidup masyarakat, hingga meninggalkan kebiasaan gaya hidup tidak sehat. (pexels)

SuaraSurakarta.id - Pandemi COVID-19 memberikan pelajaran berharga setiap orang di Dunia. Menjaga pola hidup sehat menjadi hal yang kini wajib dilakukan. 

Peduli dengan kesehatan dan olahraga menjadi rutinitas yang kini dilakukan oleh setiap orang.  

Melihat fenomena itu, Perusahaan nutrisi global Herbalife Nutrition merilis temuan "Asia Pacific Personal Habits Survey" yang mengungkapkan bahwa mayoritas konsumen di Indonesia berkeinginan untuk meninggalkan kebiasaan gaya hidup tidak sehat yang dilakukan selama pandemi.

Survei dilakukan pada Agustus 2022, dan melibatkan 5.500 konsumen berusia 18 tahun ke atas di Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Baca Juga:Tuntut Perbaikan Sistem Kesehatan, 200 Ribu Warga Spanyol Demo

Survei bertujuan untuk mengungkap perubahan perilaku gaya hidup konsumen sejak awal pandemi, serta arah perubahan ke arah hidup sehat dan aktif yang mereka rencanakan dalam 12 bulan ke depan.

Adapun tiga kebiasaan tidak sehat yang direncanakan untuk mulai ditinggalkan dalam 12 bulan ke depan adalah makan makanan dengan nutrisi yang tidak seimbang (62 persen), tidak berolahraga secara teratur (59 persen), dan kurangnya waktu tidur (53 persen).

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa stamina atau tingkat kebugaran yang buruk, kenaikan berat badan, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah adalah dampak negatif paling umum yang dihasilkan dari kebiasaan gaya hidup tidak sehat selama dua tahun terakhir.

Di antara mereka yang mengungkapkan kenaikan berat badan berlebih, lebih dari setengahnya atau (50 persen) mengalami kenaikan 3 hingga 5 kilogram, sementara 18 persen lainnya meningkat 6 hingga 10 kilogram, sebagian besar dikaitkan dengan mengkonsumsi terlalu banyak makanan tidak sehat (64 persen), makan berlebihan karena stres (62 persen), tidak berolahraga atau kurang aktif (47 persen) serta tidak cukup tidur (26 persen).

Senior Director dan General Manager, Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi mengatakan kebiasaan tidak sehat ini nantinya dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Tetapi kebiasaan ini dapat diubah sedikit demi sedikit melalui tekad, motivasi, dan dukungan dari orang-orang yang berpikiran sama, dengan cara mulai mengubah kebiasaan tidak sehat ke arah gaya hidup aktif dan sehat.

Baca Juga:Meriahnya Perayaan Karnaval Konyol di Jerman

"Guna menginspirasi kembali perubahan gaya hidup yang lebih positif, kami mengembangkan inisiatif dengan fokus melalui pengetahuan tentang nutrisi yang sehat dan kebiasaan berolahraga, untuk membantu masyarakat dalam upaya memenuhi kesehatan dan kesejahteraan untuk jangka panjang. Kami juga melakukan berbagai kampanye edukasi gaya hidup sehat yang selaras dengan misi perusahaan," kata Andam dalam siaran pers pada Jumat.

Lifestyle

Terkini

Pasalnya sepeda motor bebek biru yang dipakai terduga pelaku bom bunuh diri STNK nya merupakan atas namanya.

News | 19:59 WIB

Stategi ini digunakan oleh kelompok Al Qaeda dan ISIS yang diaplikasikan oleh kelompok JI dan JAD di Indonesia.

News | 18:19 WIB

Dengan mengenakan kemeja batik, Kaesang Pangarep tiba di Pura Mangkunegaran sekitar pukul 12.55 WIB.

News | 18:15 WIB

Agus Sujatno alias Abu Muslim, pelaku aksi bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar Kota Bandung sudah kurang lebih setahun tinggal di rumah indekos kawasan Sukoharjo, Jateng.

News | 15:49 WIB

Terduga pelaku bom bunuh diri tinggal di rumah kost di RT 07 RW 02 Desa Siwal, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo berinisial AS.

News | 14:52 WIB

Sosok pemilik motor tersebut akhirnya buka suara dan memberikan klarifikasi pascatragedi bom bunuh diri tersebut.

News | 14:13 WIB

Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana menjelaskan, berdasarkan barang bukti yang ditinggalkan, pelaku membawa sepeda motor dengan pelat AD (wilayah Surakarta).

News | 13:26 WIB

Pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung diketahui merupakan mantan narapidana terorisme.

News | 13:00 WIB

Tampak putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka bersama istrinya Selvi Ananda serta dua anaknya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

News | 11:21 WIB

Adapun catatan gempa susulan yakni M4.3 pukul 13.25 WIB, M4.1 pukul 13.36 WIB, dan M4.3 pukul 13.49 WIB.

News | 15:17 WIB

Gempa juga dirasakan di daerah Kuta dan Kuta Selatan dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

News | 14:22 WIB

Belum ada laporan dampak gempa magnitudo 6.2 terhadap infrastruktur di Kabupaten Jember.

News | 14:16 WIB

Mereka juga membawa beberapa tumpeng nasi kuning lengkap dengan lauk pauknya.

News | 13:27 WIB

Jarak antara Benteng Vastenburg menuju ke lokasi perhelatan ngunduh mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pura Mangkunegaran sekira 8 menit perjalanan.

News | 12:49 WIB
Tampilkan lebih banyak