facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Psikolog Ajak Orangtua Isi Libur dengan Asah Kecakapan Hidup

Ronald Seger Prabowo Rabu, 29 Juni 2022 | 22:34 WIB

Psikolog Ajak Orangtua Isi Libur dengan Asah Kecakapan Hidup
Ilustrasi Liburan. [Pixabay/Pexels]

Misalnya menerapkan protokol kesehatan seperti tidak berlibur di tempat ramai, rajin mencuci tangan dan mengganti baju ketika sudah di rumah.

SuaraSurakarta.id - Psikolog Tika Bisono mengatakan masa libur sekolah bisa dijadikan momen mengasah kecakapan hidup, lifeskill.

Misalnya menerapkan protokol kesehatan seperti tidak berlibur di tempat ramai, rajin mencuci tangan dan mengganti baju ketika sudah di rumah.

"Jadi ketika liburan lifeskill itu ada, ya itu yang akan dilakukan anak-anak. Dia liburan sambil buang sampah, dia liburan sambil makan yang sehat, dia liburan sambil belajar budaya. Itu kan lifeskill,” ungkapnya dilansir dari ANTARA lewat, Rabu (29/6/2022).

Selain itu, orangtua juga bisa mencari inspirasi agar masa libur sekolah bisa menjadi momen menyenangkan bagi anak walaupun hanya di rumah dan jauh dari gadget.

Baca Juga: Anak Difabel Jadi Korban Kekerasan Seksual, Kak Seto Minta Pelaku Dihukum Berat

Inilah saat kreativitas dan kearifan orangtua diuji, juga kemampuan bersikap demokratis dan mau mendengarkan serta mengutamakan anak. Ia melanjutkan, nantinya ini akan menjadi tolok ukur apakah orangtua sudah menjalankan pola pengasuhan, parenting, dengan baik

"Jadi kata kuncinya adalah kembali ke alam tanpa gadget. Itu liburan yang menyenangkan seperti itu," kata psikolog lulusan Universitas Indonesia (UI) itu.

Untuk mempersiapkan anak memasuki tahun ajaran baru, menurut Tika orangtua harus belajar mendengarkan keluh kesah anak selama kegiatan belajar kemarin. Bagi orangtua yang anaknya baru akan masuk sekolah, Tika memberi saran untuk sering bertanya kepada orangtua lain yang sudah berpengalaman.

"Harus keduanya untuk membicarakan persiapan sekolah, tidak hanya anak. Terutama orangtua dan guru," kata dia menambahkan.

Dikutip dari kalender pendidikan 2021/2022 dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, libur panjang 2022 akan dimulai pada Sabtu, 25 Juni 2022 dan akan berakhir pada Sabtu, 9 Juli 2022. Sedangkan kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun ajaran baru 2022/2023 akan dimulai pada 11 Juli 2022.

Baca Juga: Waspada, Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi Sore Tadi, PVMBG: Kolom Abu 2 KM di Atas Puncak

Sementara itu, salah satu orangtua murid, Dewi Astari, mengatakan dia telah persiapan memasuki tahun ajaran baru ia mulai dengan mengubah kebiasaan di rumah dan membeli perlengkapan sekolah seperti sepatu baru dan buku tulis.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait