alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keren! Dua Pemuda Ini Gowes ke Mekkah untuk Ibadah Haji Tahun 2022

Budi Arista Romadhoni Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:31 WIB

Keren! Dua Pemuda Ini Gowes ke Mekkah untuk Ibadah Haji Tahun 2022
Andi Harvin Dg Thalib (kanan), Chairul Ma'atini (kiri), saat berada di Jalan Moh Yamin Solo, dua orang tersebut akan melanjutkan perjalanan menuju Makkah Arab Saudi. [Istimewa]

Dua pemuda ini melakukan gowes ke mekkah untuk melakukan ibadah haji

SuaraSurakarta.id - Dua remaja Andi Harvin Dg Thalib (26) dan Chairul Ma'atini (27), Warga Gorontalo, melakukan aksi gowesnya dari Kota Gorontalo menuju Mekkah, Arab Saudi

Dua remaja ini sebelumnya sudah mempersiapkan dari mental, bekal hingga sarana dan prasarana menuju Tanah Suci Makkah untuk niat Beribadah Haji ke Mekkah.

"Iya mas, kita dari Gotontalo mau ke Saudi Arabia, Mekkah, InsyaAlloh untuk beribadah," jelas Andi saat berada di Kota Solo, Sabtu (16/10/2021). 

Dirinya beralasan niat mengayuh sepeda dari Gorontalo ke Mekkah tersebut karena hobi bersepeda, dan niat untuk ke Tanah Suci melakukan Ibadah Haji.

Baca Juga: Gowes Langgar PPKM, Wali Kota Malang Sutiaji Didenda Rp 25 Juta: Saya Turuti Saja

"InsyaAlloh kita ke Tanah Suci untuk melakukan Ibadah Haji kalau diijinkan, namun kalaupun tidak, kita ya hanya melakukan Ibadah Umroh saja," katanya.

Menurut Andi, segala sesuatu sudah dirinya persiapkan termasuk biaya perjalanannya ke Mekkah.

"Kita sebelumnya menabung, kisaran satu tahunan. Dan hasilnya kita niatkan untuk pergi beribadah gunakan transportrasi sepeda ini."

Selama perjalanan gowes ini, Andi dan Chairul juga mempersiapkan komunikasi agar bisa berbicara bahasa arab dan inggris. Yang akhirnya mereka niatkan mampir ke Kota Kediri di  Kampung Inggris. 

"Awalnya di Makassar dulu kita belajar Bahasa Arab saru bulan, kemudian kita di Kampung Inggris Kediri, selama dua pekan saya belajar Bahasa Inggris, barulah kita meneruskan perjalanan lagi," ungkap Andi.

Baca Juga: Kabar Baik, Arab Saudi Akhirnya Buka Akses Umrah untuk Indonesia

Selain mempersiapkan dua bahasa, mereka juga mempersiapkan bekal seadanya, seperti baju, alas untuk tidur, makanan ringan dan air mineral, yang dirinya persiapkan dalam kemasan beberapa tas kecil yang digantungkan bagian belakang maupun stang sepedanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait