alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Inovasi Besar Rutan Wonogiri Menuju Pelayanan Semakin Maksimal, Ini Gambarannya

Ronald Seger Prabowo Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:17 WIB

Inovasi Besar Rutan Wonogiri Menuju Pelayanan Semakin Maksimal, Ini Gambarannya
Petugas Rutan Kelas II B Wonogiri menggelar apel di halaman kantor menyusul adanya kejadian kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang pada Rabu (8/9/2021). [Solopos.com/Istimewa]

Keluarga warga binaan tak harus bolak balik mengurus berkas yang bisa mengabiskan waktu, tenaga, bahkan biaya.

SuaraSurakarta.id - Berbagai inovasi pelayanan masyarakat terus dilakukan Rutan Kelas IIB Wonogiri. Salah satunya memanfaatkan teknologi yang lebih efektif dan efisien.

Kepala Rutan Kelas II B Wonogiri, Daniel Kristianto menjelaskan begitu mudahnya prosedur keluargaan maupun warga binaan untuk mengakses pelayanan.

"Sekarang keluarga warga binaan yang bersangkutan tinggal mengirim WA (WhatsApp) ke admin kami sesuai nomor layanan, diberikan formulir untuk diisi dan bisa langsung dilayani. Presesnya jadi lebih mudah," ungkap Daniel, Kamis (14/10/2021).

Dia memaparkan, dengan inovasi itu, hanya dalam hitungan detik data sudah terinput ke server pusat. Sehingga keluarga warga binaan tak harus bolak balik mengurus berkas yang bisa mengabiskan waktu, tenaga, bahkan biaya.

Baca Juga: Inovasi Baru Cegah Kebakaran: Rumah Warga Ditempel Stiker

"Sangat membantu warga yang misalnya tinggal di kecamatan Purwantoro yang memakan waktu sampai tiga jam untuk menuju rutan," tutur dia.

Layanan melalui WA itu dinilai sangat mempercepat waktu, efisien dan efektif. Selain itu, dipastikan hak warga binaan sangat diperhatikan.

Terbukti aada penghargaan bagi warga binaan yang patuh dan menunjukkan hal baik dan sudah melakukan perubahan. Ada sistem reward and punishment, menurut dia.

Perubahan tersebut menjadi salah satu kerja keras keluarga Rutan Kelas IIB Wonogiri untuk meraih wilayah birokasi bersih dan melayani (WBBM). Beberapa tahun sebelumnya pada 2019, predikat wilayah bebas dari korupsi (WBK) berhasil diraih.

"Pada 2021 ini kami membangun zona integritas di Rutan Wonogiri. Zona integritas dibangun atas komitmen bersama antara pimpinan dan personil rutan," tegas Daniel.

Baca Juga: 4 Tersangka Penganiaya Muhammad Kece Diperiksa, Irjen Napoleon Tunggu Izin MA

Sebagai informasi, berbagai prestasi tingkat nasional ditorehkan keluarga besar Rutan Kelas IIB Wonogiri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait