alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sedang Berzikir di Majid Raya Klaten, Sardiyono Kaget Rasakan Guncangan Gempa

Ronald Seger Prabowo Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:05 WIB

Sedang Berzikir di Majid Raya Klaten, Sardiyono Kaget Rasakan Guncangan Gempa
Ilustrasi gempa bumi. [Antara/ist]

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan Gempa bumi dengan magnitudo 4,8 dirasakan di sejumlah wilayah di Jateng, Jatim, dan DIY.

SuaraSurakarta.id - Gempa bumi magnitudo berkekuatan 4,9 SR, Rabu (13/10/2021) ternyata tak hanya diraskaan warga di pesisir pantai selatan yakni Kabupaten Wonogiri, namun juga Klaten.

Diwartakan Solopos.com--jaringan Suara.com, salah satu warga yang merasakan getaran gempa itu adalah  Sardiyono (30).

Saat itu, dirinya merasakan gempa bumi kala menjalankan Salat Zuhur di Masjid Raya Klaten. Waktu terjadi gempa, dirinya sedang zikir dan berdoa di masjid tersebut.

“Tadi saya ikut merasakan [di lantai II]. Meski merasakan, beberapa orang yang di dalam masjid tidak buru-buru keluar," ungkap Sadiyono kepada Solopos.com.

Baca Juga: Gempa yang Guncang Jogja Baru Saja Termasuk Jenis Gempabumi Dangkal

"Gempanya berlangsung hanya beberapa detik. Teman saya yang sedang tiduran mendadak bangun dan tanya ke saya apakah ada gempa?” tambah sosok yang juga security di Masjid Raya Klaten itu.

Hal senada dijelaskan sukarelawan asal Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Indiarto alias Indit.

“Iya ada gempa. Beberapa warga Klaten merasakan,” katanya.

Sementara di Kabupaten Wonogiri, warga mereka merasakan gempa sebanyak dua kali. Akibatnya aparatur sipil negara (ASN) di Kantor Wakil Bupati Wonogiri dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan berhamburan keluar gedung.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan Gempa bumi dengan magnitudo 4,8 dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Rabu (13/10/2021). Gempa terjadi pada kedalaman 55 kilometer (km). Titik koordinat gempa pada 8.87 Lintang Selatan-110.97 Bujur Timur (BT).

Baca Juga: Pusat Gempa Bermagnitudo 4,8 Siang Tadi Ada di Selatan Pacitan

BMKG menjelaskan bahwa pusat gempa berada di laut 78 km selatan Pacitan. Gempa tersebut dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY. Beberapa daerah itu Pacitan, Trenggalek, Wonogiri, Gunung Kidul, Bantul, dan Yogyakarta. Gempa terjadi pada Rabu sekitar pukul 12.00.47 WIB.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait