alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gempa Magnitudo 4,8 di Laut Selatan Pacitan, Guncangannya Sampai ke Klaten dan Wonogiri

Budi Arista Romadhoni Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:52 WIB

Gempa Magnitudo 4,8 di Laut Selatan Pacitan, Guncangannya Sampai ke Klaten dan Wonogiri
Ilustrasi gempa bumi. Gempa bumi dikabarkan terjadi di laut selatan pacitan, daerah klaten dan wonogiri juga terasa guncangannya. (Antara/ist)

Gempa bumi dikabarkan terjadi di laut selatan pacitan, daerah klaten dan wonogiri juga terasa guncangannya

SuaraSurakarta.id - Gempa bumi dengan magnitudo 4,8 dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Rabu (13/10/2021).

Warga Klaten turut merasakan gempa bumi yang terjadi. Gempa bumi dirasakan selama beberapa detik.

Menyadur dari Solopos.com, Salah seorang warga Klaten, Sardiyono, 30, mengaku turut merasakan gempa bumi saat menjalankan Salat Zuhur di Masjid Raya Klaten, Rabu (13/10/2021). Waktu terjadi gempa, dirinya sedang zikir dan berdoa di masjid tersebut.

“Tadi saya ikut merasakan [di lantai II]. Meski merasakan, beberapa orang yang di dalam masjid tidak buru-buru keluar. Gempanya berlangsung hanya beberapa detik. Teman saya yang sedang tiduran mendadak bangun dan tanya ke saya apakah ada gempa?” kata Sardiyono yang bekerja sebagai seorang security di Masjid Raya Klaten itu, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: BREAKING NEWS: Jogja Gempa, Getaran Dirasakan Hingga Trenggalek Jawa Timur

Hal senada dijelaskan sukarelawan asal Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Indiarto alias Indit. “Iya ada gempa. Beberapa warga Klaten merasakan,” katanya.

Tidak hanya di Klaten, gempa juga dirasakan warga di Kabupaten Wonogiri pada Rabu. Bahkan, mereka merasakan gempa sebanyak dua kali. Akibatnya aparatur sipil negara (ASN) di Kantor Wakil Bupati Wonogiri dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan berhamburan keluar gedung.

Wartawan Solopos.com yang bertugas di Wonogiri, Rudi Hartono, merasakan gempa tersebut beberapa detik. Gempa pertama sekitar pukul 12.05 WIB.

“Saat itu saya berada di Press Room, tiba-tiba lantai, kursi, kaca jendela bergetar semua. Durasinya sekitar 2 detik. Tapi terasa banget karena saya berada di lantai II,” ujar Rudi.

Sesaat setelah keluar gedung, terjadi gempa susulan. Durasi gempa kedua nyaris sama dengan gempa pertama.

Baca Juga: Kasus Pembuangan Bayi di Wonogiri, Profil Sang Ayah Bikin Warga Geleng-geleng

“Saat semua berlari ke luar gedung itu, ada satu anak magang yang sampai terjatuh. Mungkin karena saking paniknya, dia berlari hingga tersandung. Jaraknya hanya berselang beberapa detik. Karena terjadi gempa susulan, semua makin panik. Sebagian besar pegawai keluar gedung,” jelas Rudi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait