facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gibran Rakabuming Raka Berusia 34 Tahun, Karir Politik Pertamanya Menjadi Wali Kota

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 01 Oktober 2021 | 09:36 WIB

Gibran Rakabuming Raka Berusia 34 Tahun, Karir Politik Pertamanya Menjadi Wali Kota
Gibran Rakabuming Raka saat tiba di Gedung DPRD Solo untuk menjalani prosesi pelantikan sebagai Wali Kota Solo, Jumat (26/2/2021). [Suara.com/dok]

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hari ini tepat berusia 34 tahun

SuaraSurakarta.id - Putra sulung Presiden Joko Widodo yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada Jumat (1/10/2021) genap berusia 34 tahun. Ulang tahun kali ini pasti memiliki makna sendiri bagi suami Selvi Ananda itu. 

Ulang tahun Gibran tahun ini berbeda dari sebelum-sebelumnya lantaran ini kali pertama kakak dari Kaesang Pangarep itu berulang tahun dengan status orang nomor satu di Solo.

Sebelum menjabat Wali Kota Solo, Gibran berprofesi sebagai pengusaha kuliner. Beberapa tahun terakhir usaha Gibran telah diserahkan kepada sang adik, Kaesang Pangarep.

Belakangan, Gibran merambah ke luar bisnis kuliner. Seperti, toko reparasi gadget keluaran Apple bernama IColor. Usaha itu telah beroperasi di Kota Bengawan.

Baca Juga: Kaesang Pangarep dan Nadya Arifta Makin Lengket, Ini Respon Gibran

Menyadur dari Solopos.com, Gibran lahir di Solo pada 1 Oktober 1987. Dia putra pertama pasangan Jokowi dan Iriana.

Gibran mempunyai dua adik, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Gibran menikah pada 11 Juni 2015 dengan mantan Putri Solo, Selvi Ananda.

Saat ini, Gibran dan Selvi telah memiliki dua orang anak, yaitu Jan Ethes Srinarendra, 6, dan La Lembah Manah berusia satu tahun lebih 10 bulan.

Kali pertama, Gibran terjun ke politik pada Pilkada Solo 2020. Dia maju sebagai cawali Solo dari PDIP berpasangan dengan Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa.

Dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut mereka menang telak dari pasangan jalur perseorangan, Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo). Kemenangan tersebut mengantarkan Gibran dan Teguh menduduki kursi empuk di Balai Kota Solo.

Baca Juga: Viral Dugaan Nobar Persis Solo vs AHHA PS Pati di Sebuah Cafe, Ini Komentar Gibran

Mereka dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo pada 26 Januari 2021. Pada saat bersamaan Selvi Ananda dilantik sebagai Ketua TP PKK Kota Solo. Ibu dua anak itu juga dilantik sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Solo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait