alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Soal Siapa yang Naik Tahta, Keluarga Raja Mangkunegaran Masih Enggan Bicara

Budi Arista Romadhoni Minggu, 15 Agustus 2021 | 15:22 WIB

Soal Siapa yang Naik Tahta, Keluarga Raja Mangkunegaran Masih Enggan Bicara
Keluarga KGPAA Mangkunagoro IX berziarah di makam setelah prosesi pemakaman selesai di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar Minggu (15/8/2021). [Candra Putra Mantovani/Solopos]

Keluarga Mangkunegaran masih belum ingin membahas siapa yang akan naik tahta menggantikan sang raja

SuaraSurakarta.id - Raja Mangkunegaran meninggal dunia. Otomatis anak-anak dari KGPAA Mangkunagoro IX  punya kesempatan naik tahta. 

Lalu siapa yang akan menduduki kursi penguasa Mangkunegaran? 

Menyadur dari Solopos.com jaringan Suara.com, Keluarga almarhum KGPAA Mangkunagoro IX belum mau berbicara banyak terkait suksesi berikutnya tahta Mangkunagoro berikutnya. Pihak keluarga masih menunggu hasil rapat akbar yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Prameswari Dalem Mangkunagoro IX, Prisca Marina Haryogi Supardi, mengatakan tidak mau berbicara banyak soal suksesi Mangkunagoro. Dia mengatakan menyerahkan segala keputusan kepada Tuhan terkait hal tersebut.

Baca Juga: Gending Ketawang akan Iringi Pemakaman Raja Mangkunegaran Hari Ini

“Mohon jangan tanyakan saya soal suksesi. Saya pasrahkan semua kepada Allah. Biar semuanya mengalir,” terang dia kepada wartawan seusai prosesi pemakaman di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar di Minggu (15/8/2021).

Jenazah KGPAA Mangkunagoro XI tiba di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar diiringi keluarga Minggu (15/8/2021).Tempat pemakaman tersebut adalah khusus raja-raja mangkunegaran. [Solopos/Candra Mantovani]
Jenazah KGPAA Mangkunagoro XI tiba di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar diiringi keluarga Minggu (15/8/2021).Tempat pemakaman tersebut adalah khusus raja-raja mangkunegaran. [Solopos/Candra Mantovani]

Kenangan Semasa Hidup

Meskipun begitu, Prisca Marina mau mengungkapkan beberapa kenangan semasa almarhum hidup. Dia mengaku tidak mendapatkan firasat sebelum almarhum wafat.

“Beliau [Mangkunagoro IX] pandai menyembunyikan rasa sakit yang diidap. Bahkan sebelumnya sempat menunjukan tanda-tanda kesehatan yang membaik. Tidak ada firasat atau mimpi yang saya alami sebelumnya,” jelas dia.

Keluarga dan kerabat Mangkunegaran membawa peti jenazah almarhum Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/8/2021).  ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Keluarga dan kerabat Mangkunegaran membawa peti jenazah almarhum Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/8/2021). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Sementara itu, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara, mengatakan saat ini masih fokus melestarikan kesenian yang diwariskan Pura Mangkunegaran. Terkait suksesi, dia mengaku belum bisa mengatakan apa-apa.

Baca Juga: Cucu Soekarno Punya Kesempatan Naik Tahta, Ini Sosok G.P.H. Paundrakarna

“Masih menunggu rapat akbar. Ini kalau kami masih hari tenang dulu. Saya tidak bisa berkata apa-apa semua butuh proses,” beber dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait