alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

13 Ular Ditangkap di Lokasi Calon Rumah Sakit Darurat Covid-19 Solo!

Ronald Seger Prabowo Kamis, 14 Januari 2021 | 16:25 WIB

13 Ular Ditangkap di Lokasi Calon Rumah Sakit Darurat Covid-19 Solo!
Belasan ular berhasil diamankan di Benteng Vastenberg Solo akan menjadi Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) atau Rumah Sakit Darurat Covid-19, Kamis (14/1/2021).(Suara.com/dok)

Ular kayu sebanyak 12 ekor berukuran satu hingga dua meter. Sementara seekor lainnya berjenis kobra berukuran kecil.

SuaraSurakarta.id - Sebanyak 13 ular ditemukan di Benteng Vastenberg Solo akan menjadi Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) atau Rumah Sakit Darurat Covid-19, Kamis (14/1/2021). Pembersihan lokasi itu dilakukann tim gabungan baik TNI-Polri serta menggandeng Komunitas Exalos yang biasa menangani ular.

Ular kayu sebanyak 12 ekor berukuran satu hingga dua meter. Sementara seekor lainnya berjenis kobra berukuran kecil.

Pembina Exalos, Janu Wahyu Widodo menjelaskan, belasan ular itu ditemukan saat pembersihan semak belukar di kawasan benteng.

"Kita temukan di dalam benteng di semak-semak yang dibersihkan bapak-bapak tentara. Pada saat dibersihkan ular itu ada yang di batu, kayu dan sebagainya," ungkap Janu saat dihubungi SuaraSurakarta.id.

Baca Juga: Resmi! Ini Tanggal Gibran Putra Jokowi Ditetapkan Sebagai Wali Kota Solo

"Lingkungan di situ memang banyak semak belukar dan diberishkan oleh jajaran TNI dari Korem (074/Warastrtama) Surakarta. Kami Exalos berperan mengawasi apabila ada bahaya ular," tambah dia.

Dia memaparkan, penemuan itu diawali dengan munculnya sembilan ekor ular kayu sembilan ekor dan kobra kecil satu. Kemudian setelah ditutup, kembali ditemukan tambahan tiga ular kayu.

Menurut Janu, lokasi itu merupakan habitat ular yakni berada di semak belukar. Menurutnya, tak menutup kemungkinan masih muncul ular lainnya.

"Ular kita amankan sehngga tidak tebrunuh dan nanti akan lepas liarkan. Yang pasti lokasi itu harus sering-sering diibersihkan agar tidak ada gangguan ular," paparnya.

Sementara itu, Komandan Korem 074 Warastratama Kolonel (Inf) Rano Tilaar mengatakan, benar lokasi rumah sakit tersebut akan digunakan untuk Rumkitlap.

Baca Juga: Wah! Penetapan Gibran Sebagai Wali Kota Solo Digelar di Hotel Berbintang

Saat pembersihan ini, melibatkan pawang ular dan anggota TNI. Ada belasan ular yang ditangkap saat melakukan pembersihan itu, saat ini sudah ditangani oleh pawang.

Sementara itu, hari ini juga dibangun bor sekaligus pengaktifan jamban untuk Mandi Cuci Kakus (MCK). Alasan dipilihnya lokasi di Benteng Vastenberg Solo lantaran dekat RST Slamet Riyadi.

"Pembersihan kita lakukan hari ini," papar dia. Nanti akan menampung Pasien Positif Covid-19," jelas dia," tegasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait