Ibu Hamil Sering Sembelit, Ternyata Ini Penyebabnya

Sembelit atau konstipasi umum terjadi pada para ibu hamil, ini penyebabnya

Budi Arista Romadhoni
Rabu, 30 November 2022 | 16:39 WIB
Ibu Hamil Sering Sembelit, Ternyata Ini Penyebabnya
Gambar ilustrasi ibu hamil. Sembelit atau konstipasi umum terjadi pada para ibu hamil, ini penyebabnya. [Gambar unsplash.com]

SuaraSurakarta.id - Ibu hamil memang sangat rentan dengan penyakit maupun gangguan dalam fisiknya. Salah satunya adalahmasalah sembelit, disebut-sebut sering menjadi hal yang dirasakan. 

Namun demikian, sembelit atau konstipasi umum terjadi pada para ibu hamil. Hal itu berdasarkan The Department of Health seperti dilaporkan Women's Health, setidaknya satu dari empat perempuan hamil mengalami konstipasi.

Peningkatan hormon progesteron selama masa kehamilan mengakibatkan terjadinya relaksasi otot-otot tubuh, termasuk usus. Hal tersebut akan menyebabkan usus bergerak lebih lambat yang akhirnya berujung pada melambatnya pencernaan juga sehingga sering terjadi sembelit.

Sembelit pada ibu hamil juga terjadi karena kondisi rahim yang membesar, faktor gaya hidup, selain peningkatan hormon progesteron. Hal itu membuat otot-otot dinding perut menjadi longgar dan memperlambat proses pencernaan makanan.

Baca Juga:Setiap Hari Makan Mi Instan, Korban Gempa Cianjur Mengeluh Alami Sembelit: Request Kirim Buah dan Sayur

Ada beberapa cara untuk mengatasi sembelit ketika hamil, di antaranya adalah minum air putih yang banyak, mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah serta rutin olahraga.

Selain itu, cara mengobati sembelit yang manjur juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat sembelit atau obat pencahar. Namun obat pencahar tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil karena bisa menimbulkan perut mules atau melilit.

Selain itu, sering mengonsumsi obat pencahar bagi ibu hamil antara lain dehidrasi, diare, mules berulang dan berkurangnya keseimbangan kadar mineral dalam tubuh. Hal tersebut tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Begitu juga kondisi kesehatan bayi juga akan terkena efeknya.

Meskipun sudah menjalankan pola hidup sehat, tapi sembelit masih sering terjadi pada ibu hamil. Hal yang harus selalu dilakukan adalah minum air putih yang cukup, memilih asupan nutrisi yang sehat, khususnya dari bahan alami seperti buah dan sayur. Bukan hanya untuk kesehatan ibu, tapi juga untuk bayi yang sedang dikandung.

Cara mengonsumsi buah bisa dimakan langsung atau dibuat minuman jus atau smoothie, sedangkan sayuran bisa dibuat olahan masakan sehat.

Baca Juga:Tanya Dokter Kandungan: Dok, Ibu Hamil Boleh Nggak Sih Makan Mi Instan?

Kapsul suplemen Fruit Adult 18 for Adult bisa menjadi solusi sembelit bagi para ibu hamil. Setiap kapsul Fruit 18 for Adult mengandung 450 mg ekstrak buah persik, buah cranberi, buah mangga, buah pear, buah peach, buah pepaya, apricot, strawberry, rasberi, pisang, jeruk, apel, anggur, cherry, dan limau.

Lifestyle

Terkini

Waskita akan terus menangkap peluang kontrak proyek baru dari pembangunan IKN berdasarkan potensi pekerjaan yang ada.

News | 11:32 WIB

Bahkan tarif PBB naik ugal-ugalan hingga 400 persen di wilayah Kota Bengawan.

News | 09:37 WIB

Kenaikan ugal-ugalan ini menimbulkan polemik di masyarakat Kota Solo.

News | 18:04 WIB

Seperti diketahui, pasar itu berada di pintu masuk kawasan wisata Taman Balekambang.

News | 17:15 WIB

Bulog juga menggelontorkan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk menstabilkan harga di pasaran.

News | 23:52 WIB

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Solo bersama Pemerintah Kota (Pemkot) terus mengebut sisa-sisa tanah yang belum bersertifikat.

News | 23:42 WIB

Taufiq menyebut demo yang mengorganisir mahasiswa ini juga merupakan wujud dari kegagalan Rektor UNS dalam membina dan memimpin jajarannya.

News | 17:55 WIB

Adanya kenaikan PBB tahun 2023 ini membuat warga merasa keberatan, apalagi dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

News | 17:50 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinyatakan lolos verifikasi bakal calon ketua umum PSSI, Ini Tanggapan Gibran

News | 15:39 WIB

Selama agenda di Kota Solo, Rabu (1/2/2023) tidak ada agenda pertemuan antara Anies dan Gibran.

News | 19:59 WIB

Dalam video berdurasi 1 menit 9 detik yang beredar ini menampilkan suasana jalan dan pintu tol Colomadu.

News | 16:09 WIB

Aksi yang diikuti oleh dosen, mahasiswa, civitas akademi dan alumni FKOR UNS ini digelar buntut dari di somasinya Dekan FKOR UNS, Sapta Kunta Purnama oleh Majelis Wali Amanat.

News | 13:31 WIB

Kali ini Laskar Sambernyawa mendatangkan Arif Budiyono, bek tengah yang sebelumnya sempat membela taji Persis Solo di Liga 2 2021.

News | 13:15 WIB

Usulan tersebut muncul saat Diskusi Refleksi Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di halaman Kantor DPW PKB Jateng, Semarang, Rabu (1/2/2023) malam.

News | 10:52 WIB

Tim Laskar Sambernyaw bertekad meraih poin penuh demi memperbaiki peringkat di klasemen sementara.

News | 08:44 WIB
Tampilkan lebih banyak