Asupan Nutrisi Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak, Ini Penjelasan Dokter

Kecerdasan anak ditentukan juga oleh asupan nutrisi yang bisa menstimulasi perkembangan anak

Budi Arista Romadhoni
Kamis, 17 November 2022 | 12:45 WIB
Asupan Nutrisi Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak, Ini Penjelasan Dokter
Ilustrasi anak makan sayur. Kecerdasan anak ditentukan juga oleh asupan nutrisi yang bisa menstimulasi perkembangan anak. (Pexels/Alex Green)

SuaraSurakarta.id - Asupan makanan disebut memberikan pengaruh terhadap Kecerdasan anak. Hal itu diungkapkan oleh Dokter spesialis anak dari RSIA Bunda I Gusti Ayu Nyoman Partiwi.

Ia mengatakan kecerdasan anak ditentukan juga oleh asupan nutrisi yang bisa menstimulasi perkembangan anak.

"Terdapat tiga hal yang menjadi penentu kecerdasan anak, yaitu nutrisi, kasih sayang dan stimulasi. Ketiga hal ini harus didapatkan oleh anak agar mereka dapat tumbuh dengan baik," ujar Partiwi dikutip dari ANTARA, Kamis (17/11/2022).

Dia menambahkan susu, di sisi lain bisa menjadi solusi yang bisa membantu anak di atas satu tahun menaikkan berat badan.

Baca Juga:Asupan Nutrisi Optimal Jadi Cara Efektif Mencegah Penyakit Kanker, Ini Penjelasan Ahli

Partiwi menyarankan orang tua untuk mengeksplorasi berbagai jenis olahan susu, misalnya es krim atau gelato agar lebih menarik bagi anak.

“Orang tua sebaiknya lebih bijak dalam menyikapi informasi terkait kesehatan anak yang beredar di media sosial. Semua susu pertumbuhan baik untuk anak, dan hindarkan anak dari susu kental manis. Semua susu pertumbuhan baik untuk anak, dan hindarkan anak dari susu kental manis,” imbuh dia.

Susu sejak lama menjadi sumber nutrisi bagi manusia. Hasil studi yang telah dipublikasikan di Nature Communications ini mengungkap orang-orang di Kenya dan Sudan modern mengonsumsi produk susu setidaknya 6.000 tahun yang lalu. Temuan ini menjadi bukti langsung paling awal konsumsi susu di Afrika dan mungkin di dunia.

Sementara bagi bangsa Eropa, susu termasuk kebutuhan dasar. Diantara negara-negara Eropa yang dengan konsumsi susu tinggi adalah Swiss, Belanda, Finlandia dan Swedia.

Susu diyakini merupakan salah satu minuman paling sehat. Maka, tak heran postur orang Eropa tinggi besar menunjukkan kebutuhan gizinya tercukupi. Selain itu, dari sisi indeks kualitas manusia, bangsa Eropa, khususnya negara-negara dengan konsumsi susu yang tinggi terbilang unggul.

Baca Juga:Istri Ridwan Kamil Ingatkan Sesibuk Apa pun Seorang Ayah, Perannya untuk Anak Harus Dipastikan Ada

Laporan IMD Business School bahwa negara- negara di Eropa melakukan pekerjaan dengan baik yang mampu mengembangkan kemampuan karyawannya dibandingkan dengan wilayah dunia lainnya.

Lifestyle

Terkini

Pasalnya sepeda motor bebek biru yang dipakai terduga pelaku bom bunuh diri STNK nya merupakan atas namanya.

News | 19:59 WIB

Stategi ini digunakan oleh kelompok Al Qaeda dan ISIS yang diaplikasikan oleh kelompok JI dan JAD di Indonesia.

News | 18:19 WIB

Dengan mengenakan kemeja batik, Kaesang Pangarep tiba di Pura Mangkunegaran sekitar pukul 12.55 WIB.

News | 18:15 WIB

Agus Sujatno alias Abu Muslim, pelaku aksi bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar Kota Bandung sudah kurang lebih setahun tinggal di rumah indekos kawasan Sukoharjo, Jateng.

News | 15:49 WIB

Terduga pelaku bom bunuh diri tinggal di rumah kost di RT 07 RW 02 Desa Siwal, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo berinisial AS.

News | 14:52 WIB

Sosok pemilik motor tersebut akhirnya buka suara dan memberikan klarifikasi pascatragedi bom bunuh diri tersebut.

News | 14:13 WIB

Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana menjelaskan, berdasarkan barang bukti yang ditinggalkan, pelaku membawa sepeda motor dengan pelat AD (wilayah Surakarta).

News | 13:26 WIB

Pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung diketahui merupakan mantan narapidana terorisme.

News | 13:00 WIB

Tampak putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka bersama istrinya Selvi Ananda serta dua anaknya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

News | 11:21 WIB

Adapun catatan gempa susulan yakni M4.3 pukul 13.25 WIB, M4.1 pukul 13.36 WIB, dan M4.3 pukul 13.49 WIB.

News | 15:17 WIB

Gempa juga dirasakan di daerah Kuta dan Kuta Selatan dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

News | 14:22 WIB

Belum ada laporan dampak gempa magnitudo 6.2 terhadap infrastruktur di Kabupaten Jember.

News | 14:16 WIB

Mereka juga membawa beberapa tumpeng nasi kuning lengkap dengan lauk pauknya.

News | 13:27 WIB

Jarak antara Benteng Vastenburg menuju ke lokasi perhelatan ngunduh mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pura Mangkunegaran sekira 8 menit perjalanan.

News | 12:49 WIB
Tampilkan lebih banyak