facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banyak Agenda Kondangan, Harga Bawang Merah di Solo Tembus Rp 70 Ribu Per Kilogram

Ronald Seger Prabowo Kamis, 07 Juli 2022 | 22:46 WIB

Banyak Agenda Kondangan, Harga Bawang Merah di Solo Tembus Rp 70 Ribu Per Kilogram
Salah satu petani bawang merah di Kabupaten Sragen memperlihatkan hasil panennya beberapa waktu lalu. [ANTARA/Aris Wasita]

Kenaikan harga bukan hanya terjadi pada komoditas bawang merah dan cabai tetapi juga beberapa komoditas lain, di antaranya daging ayam dan telur ayam.

SuaraSurakarta.id - Dinas Perdagangan Kota Surakarta mencatat harga bawang merah di Kota Solo, menembus hingga angka Rp70 ribu/kilogram menyusul tingginya konsumsi masyarakat terhadap komoditas tersebut.

Kepala Bidang Pelayanan Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Surakarta Training Hartanto mengatakan bahwa berdasarkan pantauan yang dilakukan pihaknya, kenaikan harga terjadi secara signifikan sejak sepekan terakhir.

"Untuk bawang merah ya memang akhir minggu ini terjadi kenaikan, dari harga (minggu) kemarin Rp52 ribu-60 ribu/kilogram sekarang sudah naik terus, sampai tanggal 6 (Juli) kemarin Rp70.000/kilogram," kata Hartanto dilansir dari ANTARA, Kamis (7/7/2022).

Ia mengatakan kenaikan tersebut diperkirakan terjadi karena tingginya angka konsumsi masyarakat.

Baca Juga: Bahas Pengembangan Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Bhre Temui Ganjar Pranowo

"Saat ini kan banyak yang punya gawe (acara), ada event terus juga kan," ujar dia.

Di sisi lain, hingga saat ini pedagang di Solo masih banyak bergantung dari kiriman petani Kabupaten Brebes. Menurut dia, suplai dari daerah asal juga mengalami penurunan.

"Suplai tidak banyak sehingga harga naik akhir-akhir ini. Kami terus melakukan monitor, memang harganya fluktuatif," katanya.

Meski terjadi kenaikan harga, ia memastikan belum akan melakukan intervensi di lapangan mengingat harga masih dalam batas wajar.

"Belum ada rencana intervensi karena harga masih wajar. Termasuk cabai juga tinggi (harganya), tetapi kemarin rapat dengan TPID (dinyatakan bahwa harga) masih terjangkau dan stok masih ada," paparnya.

Baca Juga: Gedung FKIP UNS Solo Kebakaran, 13 Unit Armada Pemadam Kebakaran Diterjunkan

Sementara itu, ujar dia, kenaikan harga bukan hanya terjadi pada komoditas bawang merah dan cabai tetapi juga beberapa komoditas lain, di antaranya daging ayam dan telur ayam.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait