facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dilarikan ke Rumah Sakit, Keberangkatan Tujuh Calon Jamaah Haji dari Embarkasi Solo Tertunda

Budi Arista Romadhoni Rabu, 22 Juni 2022 | 10:58 WIB

Dilarikan ke Rumah Sakit, Keberangkatan Tujuh Calon Jamaah Haji dari Embarkasi Solo Tertunda
Ilustrasi Calon jamaah haji kloter satu dari Kabupaten Pati yang tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali. [suara.com/ari welianto]

Tujuh jamaah calon haji dari Embarkasi Solo tertunda berangkat ke Tanah Suci. Mereka berasal dari beberapa kloter dan daerah di Jawa Tengah

SuaraSurakarta.id - Tujuh jamaah calon haji dari Embarkasi Solo tertunda berangkat ke Tanah Suci. Mereka berasal dari beberapa kloter dan daerah di Jawa Tengah. 

Calon jamaah haji tersebut tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci bersama kloternya karena sakit dan dirujuk ke rumah sakit.

"Tujuh jamaah calon haji itu, dirujuk ke RS TNI Angkatan Udara (AU) Karanganyar ada empat orang, RSUD Dr. Moerwardi Solo ada dua orang dan satu lainnya di Poliklinik Asrama Haji Donohudan," kata Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin dikutip dari ANTARA, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jateng, Rabu (22/6/2022).

Sarip menjelaskan, ketujuh jamaah calon haji asal Jateng tersebut yakni jamaah kloter 16 asal Kota Semarang satu orang, kloter 26 asal Cilacap empat orang dan kloter 27 asal Kebumen tiga orang.

Baca Juga: Dikalahkan PSIS Semarang, Jaksen F Tiago Sebut Permainan Persis Solo Jauh dari Harapan

"Ketujuh JCH sakit itu, karena menderita penyakit diabetes melitus (DM), kunjungtivitis atau radang mata, dan anemia," kata Sarip.

Menurut Sarip dengan dirujuknya tujuh jamaah tersebut tentunya mereka tertunda keberangkatan bersama kloternya. JCH sakit itu, jika sudah dinyatakan layak terbang oleh dokter yang memeriksa akan diberangkatkan bersama calon haji kloter selanjutnya.

PPIH Embarkasi Surakarta baru saja memberangkatkan JCH kloter 27 asal Cilacap dan Kebumen melalui Bandara Adi Seomarmo Boyolali, Rabu, sekitar pukul 09.10 WIB.

Jumlah JCH kloter 27 tersebut sebanyak 357 jamaah, sehingga calon haji asal Embarkasi Solo yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci total mencapai 9.677 orang dari total kuota penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, 15.477 orang terbagi 43 kloter.

Sarip juga menjelaskan JCH asal Embarkasi Solo yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Arab Saudi ada sembilan orang. Jamaah sakit itu, asal Jateng tujuh orang dan dua lainnya asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: Bungkam Persis Solo di Stadion Manahan, Sergio Alexandre: PSIS Semarang Pantas Menang

"Dari data laporan yang diterima di Asrama Haji Donohudan Boyolali, ada enam jamaah yang dirawat di KKHI Mekah dan tiga lainnya di KKHI Madinah Arab Saudi. Sedangkan, jamaah yang meninggal di Tanah Suci satu orang asal Sragen kloter 15," kata Sarip.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait