facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Masalah Kesehatan Usai Liburan, Dokter Sarankan Istirahat yang Cukup Hingga Membaca Al Quran

Budi Arista Romadhoni Senin, 16 Mei 2022 | 11:22 WIB

Cegah Masalah Kesehatan Usai Liburan, Dokter Sarankan Istirahat yang Cukup Hingga Membaca Al Quran
Ilustrasi liburan. Ini saran yang bisa masyarakat lakukan demi mencegah terkena masalah kesehatan usai liburan dan Idul Fitri atau Lebaran, salah satunya anjuran beristirahat yang cukup. (Allianz)

Ini saran yang bisa masyarakat lakukan demi mencegah terkena masalah kesehatan usai liburan dan Idul Fitri atau Lebaran, salah satunya anjuran beristirahat yang cukup

SuaraSurakarta.id - Dokter Umum di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Tanjung Priok dr. Siti Rosidah memberikan sejumlah saran yang bisa masyarakat lakukan demi mencegah terkena masalah kesehatan usai liburan dan Idul Fitri atau Lebaran, salah satunya anjuran beristirahat yang cukup.

Ia menyarankan, orang-orang perlu banyak minum air putih, mengurangi konsumsi makanan berlemak, berolahraga rutin dan konsumsi suplemen daya tahan tubuh bila perlu.

"Bagi yang punya penyakit komorbid diharapkan untuk kontrol cek laboratorium post-puasa dan lebaran, kontrol ke dokter jika terdapat komorbid yang belum stabil," kata Rosidah dikutip dari ANTARA Senin (16/5/2022).

Dia mengatakan, masalah kesehatan yang biasanya muncul usai liburan dan Idul Fitri termasuk diabetes, hipertensi, pembengkakan dan penyumbatan jantung, stroke dan infeksi saluran napas atas seperti batuk dan pilek.

Baca Juga: Dinkes Kota Bandung Siapkan Ini untuk Antisipasi Kemungkinan Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Libur Lebaran

Demam, demam berdarah dengue (DBD, diare akut dan dispepsia atau gejala nyeri dan perasaan tidak enak pada perut bagian atas dan berulang, juga termasuk masalah kesehatan yang kerap dialami orang-orang usai liburan dan Lebaran.

"(Masalah-masalah kesehatan) itu yang naik pasca lebaran, hampir 80 persen," kata Rosidah.

Terkait hepatitis akut yang beberapa waktu terakhir dicurigai dialami anak-anak di Indonesia, dia mengatakan belum menemukan kasus serupa di tempatnya praktik.

Menurut dia, rata-rata anak-anak dengan fungsi hati meningkat terkena kasus dengue syok sindrom. Hepatitis yakni peradangan pada sel hati yang umumnya diawali gejala seperti diare, mual, muntah, sakit perut dan dapat disertai demam ringan.

"Sekarang yang paling penting edukasi ke orang tua bila anaknya sakit langsung dibawa ke rumah sakit atau dokter, jangan tunggu beberapa hari karena bila datang ke rumah sakit terlambat semua sudah pada syok," saran Rosidah.

Baca Juga: Fadly Faisal dan Rebecca Klopper Liburan Bareng bak Honeymoon, Tuai Hujatan

Lebih lanjut, bagi orang-orang dengan keluhan stres usai liburan, khususnya yang mengalami kemacetan di jalan raya, dia menyarankan mereka mencari kesibukan sesuai hobi misalnya menonton film. Bagi Muslim, bisa coba berwudhu dan membaca Al Quran.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait