facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Catat! Jadi Puncak Balik di Kota Solo, Pemudik Diminta Hindari Keberangkatan Sabtu-Minggu Besok

Ronald Seger Prabowo Jum'at, 06 Mei 2022 | 13:42 WIB

Catat! Jadi Puncak Balik di Kota Solo, Pemudik Diminta Hindari Keberangkatan Sabtu-Minggu Besok
Ilustrasi kepadatan lalu lintas di salah satu ruas jalan di Kota Solo. [ANTARA/Aris Wasita]

Berdasarkan data volume kendaraan pada Kamis (5/5/2022) kemain, jumlah kendaraan yang keluar dari Kota Solo lebih banyak dibanding dengan yang masuk.

SuaraSurakarta.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo memprediksi puncak arus balik di Kota Solo bakal terjadi pada Sabtu-Minggu (7-8/5/2022) besok hingga lusa.

Untuk itu, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo menyarankan warga yang hendak kembali ke kota asal untuk menghindari dua hari tersebut.

"Kami menyarankan masyarakat mungkin bisa pulang hari ini hari Jumat atau mungkin setelah Minggu atau Senin," kata Ari Wibowo, Jumat (6/5/2022).

Ari memaparkan, berdasarkan data volume kendaraan pada Kamis (5/5/2022) kemain, jumlah kendaraan yang keluar dari Kota Solo lebih banyak dibanding dengan yang masuk.

Baca Juga: Arus Balik 2022: Polisi Derek Mobil Mogok di Puncak

Ada sebanyak 226.676 kendaraan keluar dan 197.151 masuk. Fenomena tersebut sama dengan hari sebelumnya, Rabu (4/5/2022) dengan jumlah total kendaraan 226.645 keluar berbanding 192.720.

"Meski tidak tinggi, ada potensi masyarakat memilih balik setelah hari Minggu untuk menghindari kemacetan arus balik. Khususnya bagi mereka yang bukan ASN," ujar dia.

Menurutnya, sebagian besar pemudik biasanya lebih memilih untuk balik ke tanah perantauan mendekati hari akhir libur lebaran usai.

"Masyarakat kalau mudik masih bisa menyesuaikan hari untuk mudik. Namun, ketika arus balik cenderung berangkat pada hari yang dipepetkan akhir liburan," tuturnya.

Ari juga menyarankan agar masyarakat memilih rute lain saat arus balik untuk menghindari penumpukan kendaraan.

Baca Juga: 4 Pemain Asing Masuk, Ini Prakiraan Susunan Pemain Persis Solo di Liga 1, Papan Atas Bukan Hal Mustahil?

"Biasanya masyarakat lebih memfavoritkan jalan tol dan jalan nasional arteri Pantura. Mungkin nanti bisa memilih alternatif melewatu pantai Selatan Jawa memang agak berputar agak jauh tapi lebih lancar," tegas Ari Wibowo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait