facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemudik Catat! Deretan Jalur di Wonogiri Ini Rawan Bencana Longsor dan Potensi Pohon Tumbang

Ronald Seger Prabowo Rabu, 27 April 2022 | 14:55 WIB

Pemudik Catat! Deretan Jalur di Wonogiri Ini Rawan Bencana Longsor dan Potensi Pohon Tumbang
Jalur lingkar kota (JLK) Wonogiri. [Timlo.net/Tarmuji]

Tak hanya longsor, sejumlah titik jalan yang bakal dilalui pemudik juga berpotensi terjadi pohon tumbang saat terjadi hujan lebat.

SuaraSurakarta.id - BPBD Wonogiri mencatat sejumlah ruas jalur mudik Lebaran 2022 yang masuk dalam kategori rawan longsor.

Tak hanya longsor, sejumlah titik jalan yang bakal dilalui pemudik juga berpotensi terjadi pohon tumbang saat terjadi hujan lebat.

Untuk itu, Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto menjelaskan para pemudik wajib mewaspadai titik tersebut.

“Jalur-jalur yang biasa digunakan pemudik pernah terjadi longsor. Seperti di jalan lingkar kota (JLK) potensinya tinggi sekali,” kata Bambang Haryanto dilansir dari Timlo.net--jaringan Suara.com, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga: Catat! Ini Jalur Rawan Bencana di Wonosobo, Pemudik Wajib Waspada

Bambang memaparkan, pada jalur JLK terdapat tebing-tebing tanah yang curam. Sehingga, ketia hujan turun ada potensi terjadinya tanah longsor.

Jalur lain tutur Bambang adalah jalur nasional yakni di Desa Guwotirto Kecamatan Giriwoyo. Namun begitu lokasi tersebut sudah dilakukan penataan.

“Selain longsor, yang perlu diwaspadai juga tumbangnya pohon,” katanya.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, wilayah yang banyak terdapat pohon besar dan berusia cukup tua diantaranya di sekitar jalan yang ada di Kecamatan Selogiri, Ngadirojo, Sidoharjo dan Jatisrono.

Meski begitu, sebagian diantaranya juga sudah dilakukan pemeliharaan atau peremajaan oleh pihak terkait.

Baca Juga: Jelang Lebaran, 37 Titik Ruas Jalur Mudik di Kabupaten Tangerang Telah Diperbaiki

“Di Gunung Pegat Kecamatan Nguntoronadi, juga ada potensi pohon tumbang,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dishub Wonogiri Waluyo juga mengatakan ada sejumlah titik jalan yang rawan longsor. Salah satunya adalah di JLK.

Waluyo menambahkan, area di sekitar Gunung Belah yang ada di Lingkungan Grobog Kelurahan Wuryorejo juga berpotensi longsor.

“Juga ada rambu yang sudah kami pasang sebagai penanda daerah rawan longsor. Misalnya di Lingkungan Grobog itu,” tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait