facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Belum Diresmikan, Banyak Warga Kebelet Keliling Kota Solo dengan Mobil Listrik Wisata

Ronald Seger Prabowo Jum'at, 19 November 2021 | 17:33 WIB

Belum Diresmikan, Banyak Warga Kebelet Keliling Kota Solo dengan Mobil Listrik Wisata
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Founder dan Chairman Tahir Foundation, Dato' Sri Tahir saat mencoba mobil listrik. [Suara.com/Ari Welianto]

Saat ini terus dilakukan persiapan agar mobil listrik wisata bisa segera dioperasionalkan untuk masyarakat.

SuaraSurakarta.id - Mobil listrik wisata Kota Solo hingga kini belum dioperasikan secara resmi. 

Meski demikian sudah banyak masyarakat baik secara individu atau kelompok yang pesan ingin berwisata di Kota Solo dengan menaiki mobil listrik wisata.

"Banyak yang sudah tanya-tanya. Ada juga yang sudah pesan, kebanyakan kelompok masyarakat atau komunitas, dari Solo dan luar Solo," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Hari Prihatno, Jumat (19/11/2021).

Mereka tanya-tanya dan mau pesan itu lewat telepon, ada juga yang datang langsung ke Kantor Dinas Perhubungan. "Tapi kita kasih tahu belum dioperasionalkan. Nanti akan kita launching," katanya. 

Baca Juga: Irit Bicara Soal Formula E, Anies: Nice Try

Hari mengatakan, saat ini terus dilakukan persiapan agar mobil listrik wisata bisa segera dioperasionalkan untuk masyarakat. 
 
Pekan ini rencana akan dilakukan uji coba rute tempat wisata bersama Dinas Pariwisata dan para pelaku wisata di Kota Solo. 

"Target kita akhir November atau awal Desember nanti sudah beroperasi. Untuk uji coba nanti sesuai rute yang sudah dirancang sebelumnya bersama para pelaku pariwisata," ungkap dia.

Menurutnya, uji coba rute ini untuk mengetahui ketahanan dari mobil listrik wisata berapa jam. Jadi bisa mengira-ngira jangan sampai nanti mogok di tengah perjalanan dan itu yang tidak diinginkan. 

"Jadi kita akan tahu dari rute antar tempat wisata ke tempat titik awal jalan berapa jam," sambungnya. 

Ada tujuh rute yang sudah disiapkan untuk mobil listrik wisata bantuan Tahir Foundation. Rute satu, Lokananta-Istana Batik Keris-Kampung Batik Laweyan-Pusat oleh-oleh Jongke. Rute dua, Museum Keris-Museum Radya Pustaka-Museum Danar Hadi-Museum Tumurun.

Baca Juga: Menko Airlangga Akui Harga Mobil Listrik Mahal

Rute tiga, Wayang Orang Sriwedari-Kuliner Galabo-Koridor Gatot Subroto (malam hari). Rute empat, Keraton Kasunanan Surakarta-Baluwarti-Pasar Klewer-Ndalem Joyokusuman.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait