alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berkumpul di Solo, NPC Indonesia Alihkan Fokus APG 2022 Hangzhou China

Ronald Seger Prabowo Jum'at, 08 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Berkumpul di Solo, NPC Indonesia Alihkan Fokus APG 2022 Hangzhou China
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Tokyo 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/9/2021). [Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden]

APG Hangzhou China mengikuti 13 cabang olahraga dari 22 cabang yang dipertandingan.

SuaraSurakarta.id - National Paralympic Committee (NPC) Indonesia mengatakan akan fokus mengikuti pesta olahraga multi event Asian Para Games (APG) 2022 di Hangzhou China, yang dipastikan digelar pada Oktober 2022.

Sekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto di Solo, mengatakan, NPC Indonesia sudah melakukan pemusatan latihan (Pelatnas) di Solo, mulai 1 Oktober untuk persiapan dua event yakni ASEAN Para Games (APG) 2022 di Vietnam dan APG 2022 Hangzhou di China.

NPC Indonesia telah menyiapkan 186 atletnya dalam Pelatnas di Solo tahun ini. Indonesia akan mengikuti 10 cabang olahraga dari 11 cabang yang dipertandingan pada ASEAN Para Games di Vietnam. Sedangkan, APG Hangzhou China mengikuti 13 cabang olahraga dari 22 cabang yang dipertandingan.

10 Cabang olahraga yang dipersiapkan NPC Indonesia dalam pelatnas di ASEAN Para Games Vietnam antara lain atletik, boccia, panahan, judo, angkat berat, dan badminton. Mereka menginap di Hotel Kusuma Sahid, Sedangkan renang, tenis meja, catur, dan goalball di Hotel Sahid Jaya Solo.

Baca Juga: Jadwal Indonesia di Paralimpiade Hari Ini: Menanti Dua Emas Terakhir dari Tokyo

"Kami Pelatnas fokus ke event APG 2022 Hanzhou di China, tetapi sasaran antaranya ASEAN Para Games  2022 di Vietnam. Jadi di Vietnam apakah jadi digelar atau tidak, NPC Indonesia tetap jalan terus fokus ke Hangzhou China yang sudah dipastikan digelar pada bulan Oktober 2022," kata Rima dilansir ANTARA, jUMAT (8/10/2021).

Rima mengatakan pihaknya mendapat informasi akan digelarnya ASEAN Para Games Vietnam, setelah Ketua National Olympic Committee (NOC) Philipina Abraham Tolentino, yang menanyakan kepada Pemerintah Vietnam, soal waktu penyelenggaraan SEA Games karena mereka sudah menyiapkan kontingennya sebanyak 600 atlet.

Pemerintah Vietnam untuk SEA Games menyanggupi digelar pada Mei 2022. Bahkan, pernyataan itu, juga sudah meredar melalui media di Vietnam dan tentunya otomatis untuk ASEAN Para Games Vietnam diperkirakan digelar Juni 2022. Namun, informasi Pemerintah Vietnam ini, belum resmi

"Pada APG (ASEAN Para Games) di Vietnam yang diperkirakan digelar Juni 2022 itu, dari 11 cabang olahraga yang dipertandingan, Indonesia akan mengikuti 10 cabang olahraga. Indonesia tidak mengirimkan atletnya ke Vietnam hanya dari satu cabang olahraga yakni tenis kursi roda.

APG Hangzhou China akan mempertandingkan 22 cabang olahraga dan Indonesia mengikuti 13 cabang olahraga yakni ditambah cycling (bersepeda), shooting (menembak), dan lawn bowls.

Baca Juga: Jadwal Atlet Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020, 3 September 2021

Pelatnas untuk APG Hangzhou China akan digelar mulai 1 Oktober 2021 hingga Oktober tahun mendatang. Jumlah atlet kemungkinan akan bertambah setelah selesainya Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di Papua yang akan digelar tanggal 2-15 November 2021.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait