alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terapkan PPKM Level 2, Aktivitas di Kota Solo Semakin Longgar

Budi Arista Romadhoni Senin, 04 Oktober 2021 | 19:45 WIB

Terapkan PPKM Level 2, Aktivitas di Kota Solo Semakin Longgar
Salah satu ikon pariwisata Pasar Gede di Kota Solo. Kelonggaran aktivitas masyarakat di Kota Solo semakin longgar, hal itu karena Kota Begawan kini sudah PPKM Level 2. [Antara]

Kelonggaran aktivitas masyarakat di Kota Solo semakin longgar, hal itu karena Kota Begawan kini sudah PPKM Level 2

SuaraSurakarta.id - Kota Solo kini menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2. Sejumlah pelonggaran aktivtas masyarakat pun dilakukan oleh pemerintah. 

Pembatasan kegiatan di tempat wisata dan pusat perbelanjaan atau mal di Kota Solo makin longgar menyusul turunnya level PPKM dari level 3 ke level 2.

Menyadur dari Solopos.com, capaian vaksinasi Kota Solo saat ini menembus 120% dan penambahan kasus Covid-19 yang terus turun hingga satu digit per hari. 

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku tengah menyiapkan Surat Edaran (SE) terbaru guna menyikapi penurunan level tersebut. Di antaranya pelonggaran aturan yang menyasar pelaku usaha.

Baca Juga: Wow! Kampung Batik Kauman Menjadi yang Tertua di Kota Solo

“Beberapa pelonggaran seperti, tempat rekreasi, mal, taman kota, dan tempat olahraga. Tapi, penggunaan aplikasi PeduliLindungi tetap jalan,” katanya kepada wartawan seusai rapat evaluasi PPKM di Balai Kota Solo, Senin (4/10/2021).

Selain itu, usaha hiburan karaoke dipastikan bakal buka, namun aturannya masih menunggu Instruksi Menteri (Inmen) Dalam Negeri yang terbit Senin malam atau Selasa (5/10/2021) pagi.

Pemkot Solo juga bakal menambah izin buka destinasi wisata, seperti museum. Kemudian, izin resepsi pernikahan, rapat, diskusi kelompok terarah, dan pembukaan fasilitas olahraga ruang tertutup.

Pembatasan Usia Pengunjung Tempat Publik

“Pembatasan usia kunjungan ke ruang publik juga akan dilonggarkan. Konser silakan digelar, tapi terbatas. Pokoknya pelonggaran ditambah, tapi terbatas karena masih Level 2. Detailnya, kami masih tetap menunggu Inmen,” jelas Gibran.

Baca Juga: Viral Foto Profil WhatsApp Gibran di HP Kaesang, Netizen Tanya Kondisi Wali Koso Solo

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo, Arif Darmawan, mengatakan berdasarkan evaluasi dua pekan terakhir, pelanggaran banyak dilakukan oleh individu. Pelaku usaha menjaga situasi dengan menerapkan sejumlah pembatasan saat pelonggaran tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait