facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Awas Penipuan Arisan Online, Belasan Warga di Kabupaten Boyolali Jadi Korban

Budi Arista Romadhoni Minggu, 29 Agustus 2021 | 10:30 WIB

Awas Penipuan Arisan Online, Belasan Warga di Kabupaten Boyolali Jadi Korban
Ilustrasi uang. Belasan warga boyolali menjadi korban arisan online [pexels.com/Ahsanjaya]

Penipuan berkedok arisan online lagi marak terjadi, di Boyolali belasan warga menjadi korban

SuaraSurakarta.id - Arisan online kini marak terjadi. Namun, keberadaannya malah meresahkan masyarakat. 

Sejumlah arisan online dilaporkan abal -abal. Tak sedikiti orang menjadi korban penipuan berkedok arisan online, termasuk di Boyolali

Menyadur dari Solopos.com, Polres Boyolali mengimbau masyarakat untuk tidak mudah tergiur dengan arisan online yang tidak jelas. Beberapa waktu terakhir Polres Boyolali mencatat ada laporan mengenai dua kasus penipuan dengan modus arisan online.

Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond, mengatakan kasus pertama adalah arisan online yang berkaitan dengan kasus di Salatiga. Sedangkan kasus kedua adalah yang terlapor di Polsek Karanggede, Kabupaten Boyolali pada Januari lalu.

Baca Juga: Museum Gempa Bumi Cepoko Sawit Boyolali, Gambaran Gempa Dahsyat Yogyakarta 2006

“Jadi ada dua kejadian arisan online. Pertama kejadian di Salatiga dengan korbannya salah satunya di Boyolali. Kemudian kejadian kedua, ada kejadian yang diterima di Polsek Karanggede di bulan Januari,” kata dia saat ditemui wartawan di Kantor Kecamatan Nogosari, Sabtu (29/8/2021).

Terlapor Berada di Luar Boyolali

Morry menjelaskan, pada Januari lalu ada laporan di Polsek Karanggede terkait kasus arisan online. Inisial pelapor adalah AY dan terlapor adalah SM. Dia menyebut untuk terlapor berdomisili di luar Boyolali.

“Kalau dari KTP, domisilinya di luar Boyolali. Tapi belum bisa sampaikan. Hanya, korbannya sudah melapor ke Polres Boyolali,” lanjut dia.

Dari kasus yang saat ini ditangani Polres Boyolali itu, terdata sudah ada 18 orang yang telah menjadi korban. Dia menyebut total kerugian di atas Rp100 juta.

Baca Juga: Korban Dugaan Penipuan Arisan Online Lapor Polisi, Ngaku Rugi 78 Juta

Ilustrasi arisan online [emak-emak di Sumsel Tertipu arisan online]
Ilustrasi arisan online [ANTARA]

“Total kerugian sekitar Rp212.400.000. Cukup besar. Karena kasus ini belum ada proses pengembangan, sehingga kasus ini ditarik ke Polres Boyolali,” jelas Morry.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait