alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Evakuasi WNI di Afganistan Tak Mudah, Ini Cerita Pesawat TNI AU Berhasil Mendarat di Kabul

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 21 Agustus 2021 | 15:08 WIB

Evakuasi WNI di Afganistan Tak Mudah, Ini Cerita Pesawat TNI AU Berhasil Mendarat di Kabul
Detik-detik evakuasi WNI dari Afghanistan di Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: Istimewa)

Evakuasi WNI di Afghanistan berhasil dilakukan, operasi itu melibatkan TNI AU, BIN dan Kemenlu RI

SuaraSurakarta.id - Pemerintah Indonesia akhirnya berhasil mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kabul Afghanistan

Diketahui, Ibukota Afghanistan, Kabul telah dikuasai kelompok taliban. Masyarakat negara timur tengah itu pun melarikan diri karena takut akan kekejaman para Taliban. 

Evakuasi WNI oleh TNI AU pu dilakukan dengan tidak mudah dan penuh dengan kehati-hatian. 

Sejumlah tantangan dihadapi oleh penerbang dan awak pesawat TNI AUa saat menjalani operasi evakuasi warga negara Indonesia di Kabul, Afghanistan. 

Baca Juga: Menlu Berharap Hak-hak Kaum Perempuan di Afghanistan Dihormati

Hal itu dikatakan oleh salah satu penerbang pesawat Mayor Pnb Mulyo Hadi di Jakarta, Sabtu (21/8/2021). 

Tantangan itu di antaranya kerumunan massa yang terus bertambah di Bandara Hamid Karzai, Kabul, dan bandara di Islamabad, Pakistan, sampai fungsi pengaturan dan navigasi yang tidak beroperasi maksimal di Bandara Hamid Karzai setelah Taliban mengambil alih pemerintahan di Afghanistan.

“Hambatan yang dihadapi terutama adalah data-data terkini dari landasan Bandara Hamid Karzai International, serta kondisi sekitar landasan yang tidak menentu. Eskalasi kerumunan massa terjadi ketika awak pesawat sampai di Islamabad sehingga keputusan dari Kementerian Luar Negeri RI menunda penjemputan selama 1-2 hari,” ujar Mayor Pnb Mulyo sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis Dinas Penerangan TNI AU.

Namun, awak pesawat akhirnya mendapatkan data-data lengkap kondisi Bandara Hamid Karzai dan tim memutuskan terbang ke Kabul pada Jumat (20/8). Keputusan itu dibuat setelah pesawat mendapatkan izin pendaratan dari otoritas di Kabul, Jumat.

Sejumlah warga negara indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Afghanistan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/8/2021) dini hari.  ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Sejumlah warga negara indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Afghanistan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/8/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Penerbangan dilakukan pada dini hari sekitar pukul 04.33 waktu setempat dari Islamabad. Harapannya, kondisi bandara sepi sehingga evakuasi berjalan kondusif, kata Mulyo Hadi.

Baca Juga: Ribuan Staf di Kabul Dievakuasi ke Pakistan, Bank Dunia Masih Bungkam

Namun, penerbang dan awak pesawat menghadapi tantangan lain setibanya di Bandara Hamid Karzai. Bandara itu berada di wilayah yang dikelilingi oleh pegunungan dan banyak fasilitas navigasi serta kontrol dari bandara yang tidak berfungsi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait