alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dimakamkan Hari Ini, Putra-putri Komitmen Lanjutkan Cita-cita Raja Mangkunegaran

Budi Arista Romadhoni Minggu, 15 Agustus 2021 | 06:38 WIB

Dimakamkan Hari Ini, Putra-putri Komitmen Lanjutkan Cita-cita Raja Mangkunegaran
Almarhum KGPAA Mangkunegaran IX di Ndalem Ageng Pura Mangkunegaran, Jumat (13/8/2021) malam. [Suara.com/Budi Kusumo]

Raja mangkunegaran solo akan dimakamkan hari ini

SuaraSurakarta.id - Jenazah Raja Pura Mangkunageran Solo Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunagoro IX akan dimakamkan hari ini Minggu (15/8/2021). 

Raja Mangkunegaran Solo itu akan dimakamkan di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar, pada  pukul 10.00 WIB.

Diketahui, Mangkunagoro IX wafat di Jakarta, Jumat (13/8/2021) sekitar pukul 02.50 WIB, karena sakit jantung. Jenazah sang raja tersebut  saat ini  disemayamkan di Ndalem Ageng Pura Mangkunegaran Solo

Menyadur dari Solopos.com, Para putra-putri bertekad meneruskan cita-cita dan semangat Penguasa Pura Mangkunageran Solo Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunagoro IX yang mangkat pada Jumat (13/8/2021) lalu.

Baca Juga: Suasana Duka Selimuti Tempat Persemayaman Raja Mangkunegara IX

Anak bungsu Mangkunagoro IX, G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, menjelaskan mendapatkan kabar duka saat dirinya berada di Kota Solo. Keberadaannya di Kota Bengawan untuk membantu penyelenggaraan kegiatan tradisi internal saat malam Sura.

Bhre masih berkomunikasi dengan ayahandanya melalui sambungan telepon Kamis (12/8/2021) malam.

“Yang gak pernah kami bayangkan. Inikan kehilangan besar untuk Mangkunegaran, untuk keluarga. Tetapi ke depan kami harus melanjutkan semangat Kanjeng Gusti. Melakukan yang terbaik untuk Mangkunegaran dengan abdi-abdi, dengan keluarga melanjutkan semangat dan cita-cita Kanjeng Gusti,” kata dia, Jumat, di Pura Mangkunegaran Solo.

Situasi Dalem Ageng Pura Mangkunegaran Surakarta, Sabtu (14/8/2021). ANTARA/Aris Wasita
Situasi Dalem Ageng Pura Mangkunegaran Surakarta, Sabtu (14/8/2021). ANTARA/Aris Wasita

Diberitakan, jenazah Mangkunagoro IX yang meninggal di Jakarta akhirnya tiba di Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat sekitar pukul 16.13 WIB. Jenazah almarhum kemudian disemayamkan di Ndalem Ageng.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Lutfi, yang hadir saat jenazah tiba menyatakan melihat Mangkunagoro IX sebagai pemimpin yang disegani.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Ungkap Kenangan Pribadi dengan KGPAA Mangkunagoro IX, Apa Itu?

Sementara itu, sosok penerus takhta Mangkunagoro IX akan diputuskan oleh pihak keluarga. Ada dua putra Mangkunagoro IX yaitu G.P.H. Paundrakarna Jiwo Suryonegara dan G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait