alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doimu Sedang Isoman? 5 Hal Ini Yang Harus Kamu Perhatikan untuk Menemaninya

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 23 Juli 2021 | 14:44 WIB

Doimu Sedang Isoman? 5 Hal Ini Yang Harus Kamu Perhatikan untuk Menemaninya
Ilustrasi karantina. Teman dekatmu terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri, ini yang harus dilakukan. [Shutterstock]

Teman dekatmu terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri, ini yang harus dilakukan

SuaraSurakarta.id - Melonjaknya kasus Covid-19 akhir-akhir ini berdampak pada banyaknya orang yang terpapar positif baik yang bergejala maupun tidak bergejala.

Biasanya pasca dinyatakan positif, orang-orang akan menjalani isolasi mandiri (isoman) baik di rumah maupun di tempat-tempat yang telah disediakan oleh pemerintah.

Nah bagi kamu yang memiliki teman dekat, kawan, keluarga maupun tetangga yang sedang isolasi mandiri. Maka kamu perlu memerhatikan dan melakukan 5 hal ini sebagaimana dilansir dari unggahan foto di akun instagram @visitsurakarta sebagai berikut:

1. Kasih perhatian dan empati

Baca Juga: Ambil Paksa Jenazah Istri, Suami dan Anak di Kupang Terpapar Covid-19

Ilustrasi Isolasi Mandiri (Shutterstock)
Ilustrasi Isolasi Mandiri (Shutterstock)

Saat mengetahui orang terdekat kamu terpapar Covid-19. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni memberinya perhatian dan empati. Salah satu contohnya kamu bisa mengirimkan sebuah pesan berisikan semangat kepadanya saat menjalani masa isolasi mandirinya.

Adapun hal-hal yang perlu kamu hindari yakni mengucilkan maupun mendiskriminasikan. Jelas hal ini salah karena dapat membuat seseorang yang sedang isolasi mandiri malah semakin tertekan.

2. Bantu Suplai Logistik Selama Isoman

Petugas KOPPAS mengambil bingkisan sembako di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (20/4/2021). [Suara.com/Dian Latifah]
Ilustrasi sembako. [Suara.com/Dian Latifah]

Selanjutnya harus kamu perhatikan yakni kebutuhan logistiknya. Jadi kamu harus peka nih jika doi atau orang terdekatmu pengen dibeliin sesuatu misalnya makanan maupun obat-obatan. Maka kamu harus siap dan ikhlas jadi driver yang nantinya akan bulak-balik mengantar pesanan orang terdekatmu yang sedang isoman tersebut.

3. Tetap Patuhi Prokes

Baca Juga: Terancam Tutup Selama PPKM Darurat, Warung Geprek Ini Malah Bantu Makan Warga Isoman

Ilustrasi membuang masker. (Pixabay)
Ilustrasi masker. (Pixabay)

Nah bagi kamu yang sibuk antar pesanan segala macam kebutuhan doi atau orang terdekatmu yang tengah isoman. Kamu juga harus memperhatikan dirimu sendiri dengan tetap patuh pada protokol kesehatan. Supaya kamu terhindar dari Covid-19 dan kamu tidak ikut-ikutan isoman juga.

Baca Juga

Berita Terkait