alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lebih Ampuh Mana Vaksin atau Antibodi yang Terbentuk Usai Terpapar Covid-19?

Budi Arista Romadhoni Rabu, 21 Juli 2021 | 20:20 WIB

Lebih Ampuh Mana Vaksin atau Antibodi yang Terbentuk Usai Terpapar Covid-19?
Ilustrasi Covid-19. Vaksin dan antibodi yang ada di tubuh kita menjadi satu-satunya yang ampuh melawan Covid-19. (Pixabay/fernandozhiminaicela)

Vaksin dan antibodi yang ada di tubuh kita menjadi satu-satunya yang ampuh melawan Covid-19

SuaraSurakarta.id - Covid-19 atau virus Corona masih menjadi ancaman tersendriri. Gegera virus itu, pandemi di Indonesia sudah berlangsung selama kurang lebih 17 bulan. 

Hingga saat ini, masyarakat yang terpapar Covid-19 masih mengalami lonjakan yang signifikan. Hal itu tentu saja membuat semua orang panik dan takut akan virus Corona. 

Namun demikian, jika kita memiliki kekebalan tubuh atau antibodi yang baik pastinya akan terhindar dari Covid-19. Maka dari itu pemerintah terus menggenjot vaksinasi. 

Dilansir dari himedik.com, sistem kekebalan yang kuat akan membantu tubuh melawan infeksi virus corona Covid-19. Seseorang bisa mendapatkan antibodi yang kuat ini dari suntik vaksin Covid-19 atau pernah terinfeksi virus tersebut.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Depok: Waspadai Penipuan Penjualan Tabung Oksigen

Suntik vaksin Covid-19 ini diharapkan bisa meningkatkan sistem kekebalan manusia dan melindunginya dari virus corona Covid-19.

Tapi, beberapa orang yang pernah terinfeksi virus corona dan pulih, mereka juga telah mendapatkan kekebalan itu secara alami.

Seperti yang kita tahu, virus corona Covid-19 menginfeksi tubuh dan menyebabkan peradangan yang mungkin menyebar ke berbagai bagian tubuh.

Setelah sistem kekebalan mengenali virus corona, sistem kekebalan akan mengirimkan antibodi defensif dan sel darah putih untuk melawan infeksi virus tersebut.

Setelah tubuh mampu melawan infeksi virus, respons imun dalam tubuh akan dipicu sebagai kombinasi dari imunitas yang dimediasi dan produksi antibodi.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Roma Melonjak Usai Italia Rayakan Kemenangan Euro 2020

Proses itulah yang akan membantu tingkat kekebalan dalam tubuh bertahan lama. Selain itu, tubuh akan lebih siap melawan ketika bertemu dengan patogen yang sama.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait