alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berat Nyaris 1 Ton, 9 Jagal Kerja Keras Taklukan Sapi Kurban Jokowi di Masjid Agung Solo

Ronald Seger Prabowo Rabu, 21 Juli 2021 | 12:41 WIB

Berat Nyaris 1 Ton, 9 Jagal Kerja Keras Taklukan Sapi Kurban Jokowi di Masjid Agung Solo
Sempat Melawan, 9 Jagal Akhirnya Mampu Taklukkan Sapi Jokowi Seberat 837 Kg di Masjid Agung Solo, Rabu (21/7/2021). [Timlo.net/Muhammad Ismail]

Saat akan hendak dipotong, sapi juga tampak memberikan perlawanan dengan menendangkan kakinya.

SuaraSurakarta.id - Salah satu sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi  disembelih di Masjid Agung Keraton Surakarta atau Masjid Agung Solo, Rabu (21/7/2021) pagi.

Tak tanggung-tanggung, butuh sembilan jagal untuk menaklukan sapi jenis peranakan Ongole (PO) atau Sapi Jawa, berat nyaris satu ton atau 837 kilogram.  

Dilansir Timlo.net--jaringan Suara.com, penyembelihan satu ekor sapi seharga Rp 63 juta itu baru dimulai pukul 08.30 WIB.

Sebanyak sembilan orang jagal mulai menyiapkan diri di lokasi pemotongan di halaman Masjid Agung. Petugas jagal tampak kewalahan saat berusaha merobohkan sapi.

Baca Juga: Unggah Cuplikan Kondisi Gibran Memprihatinkan, Begini Tanggapan Kaesang

Tidak hanya itu, saat akan hendak dipotong, sapi juga tampak memberikan perlawanan dengan menendangkan kakinya. Sampai akhirnya, petugas jagal berhasil menyembelih hewan kurban tersebut.

“Sebanyak sembilan orang jagal tersebut, perinciannya satu orang bagian pemotong leher hewan kurban, sedangkan tujuh orang lainnya bertugas merobohkan dan memegangi hewan kurban,” kata Takmir Masjid Agung Solo, Muchtarom, Rabu (21/7/2021).

Dia mengakui, tidak mudah untuk bisa menyembelih hewan kurban milik Presiden Jokowi. Terlebih berat sapi mencapai 837 Kg dan paling besar dibandingkan sapi lainnya.

“Kami kerahkan sembilan orang jagal dan butuh waktu 30 menit untuk menyembelih hewan kurban ini” ucap Muchtarom.

Muchtarom menambahkan, daging hewan kurban ini akan diberikan pada warga kurang mampu di sekitar Masjid Agung. Selain itu, akan diberikan pada desa binaan Masjid Agung yang membutuhkan daging.

Baca Juga: Viral Video Sapi Kurban Berdiri Tegak dan Berjalan Usai Disembelih

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait