facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bela UAS, Gus Nadir Benarkan Daging Babi Boleh Dimakan, Asal......

Ronald Seger Prabowo Selasa, 20 Juli 2021 | 09:19 WIB

Bela UAS, Gus Nadir Benarkan Daging Babi Boleh Dimakan, Asal......
Nadirsyah Hosen atau Gus Nadir. [Instagram/nadirsyahhosen_official]

Banyak publik yang menilai pro dan kontra atas ceramah UAS soal makan daging babi.

SuaraSurakarta.id - Tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Nadirsyah Hosen alias Gus Nadir turut buka suara soal ramainya pernyataan Ustaz Abdul Somad (UAS) mengenai daging babi yang tak selamanya haram.

Rupaya pernyataan UAS tersebut mendadak menghebohkan jagat media sosial. Pasalnya banyak publik yang menilai pro dan kontra atas ceramahnya suami Fatimah Az Zahra Salim Barabud.

Padahal dalam ceramahnya, UAS tidak mewajibkan dan lebih menekankan umat muslim boleh memakan daging babi saat kondisi tertentu saja. Mulai dari terjebak ditengah hutan sampai tak menemukan makanan lain selain daging babi.

Merasa prihatin lantaran tak sedikit publik yang menghujat pernyataan UAS, Gus Nadir pun pasang badan. Ia lantas membenarkan bahwa daging babi bisa dikonsumsi umat Islam ketika kondisi sedang darurat.

Baca Juga: Heboh UAS Sebut Makan Babi Tak Selamanya Haram, Asalkan..

"Yang disampaikan oleh al-Mukarram ad-Duktur UAS itu benar. Itu diatur oleh al-Quran (2:173). Dalam kondisi darurat, babi boleh dimakan," cuit Gus Nadir melalui akun twitter @na_dirs, Senin (19/07/2021).

Gus Nadir mengaku sedih saat melihat publik menghujat tanpa dasar yang jelas. Ia pun meminta kepada publik khususnya warganet untuk lebih bijak saat mengomentari sesuatu hal.

"Tapi baca komentar2 di bawah ini miris sekali. Ketidaktahuan plus kebencian telah mematikan nurani dan menumpulkan akal sehat," jelasnya.

Melihat cuitannya Gus Nadir tersebut, sontak warganet ramai-ramai turut membela Ustaz Abdul Somad. Mereka malah sama sekali tak memusingkan hal tersebut.

"Setuju... Tak semua yang UAS sampaikan itu salah, terkadang ada kajian yang terdapat perbedaan antar ulama. Orang yang tidak pernah mengkaji Qur'an dan Hadits biasanya cenderung menyalahkan. Bisa jadi itu karena ketidaksukaan kepada beliau," kata akun @yantoaldama.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Sebut Makan Daging Babi Tak Selamanya Haram, Ini Alasannya

"Ya memang begitulah ajaran Islam, kalau yg tau/pernah tau ilmunya sih. Yg haram bisa menjadi halal pada saat sikon tertentu. di tingkat SD mah udah diajarin," cetus akun @andra_nst.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait