facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Penularan COVID-19, Terminal Tirtonadi Solo Buka Posko Tes Swab Antigen

Budi Arista Romadhoni Rabu, 07 Juli 2021 | 19:00 WIB

Cegah Penularan COVID-19, Terminal Tirtonadi Solo Buka Posko Tes Swab Antigen
Tes usap antigen di Terminal Tirtonadi Solo, Rabu (7/7/2021). [ANTARA/Aris Wasita]

Selama PPKM darurat, Terminal Tirtonadi Solo buka posko tes swab antigen untuk calon penumpang yang akan menaiki bus antarkota antarprovinsi

SuaraSurakarta.id - Upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 terus dilakukan. Selain dilakukan penyekatan jalan yang masif, tes usap atau Swab Covid-19 juga digalakan. 

Terminal Tirtonadi Solo membuka posko tes usap antigen untuk calon penumpang yang akan menaiki bus antarkota antarprovinsi selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat.

"Upaya ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto di Solo, Rabu (7/7/2021).

Ia mengatakan dibukanya posko tersebut menyusul terbitnya Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 14/2021 tentang Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi COVID-19.

Baca Juga: Undangan Terlanjur Tersebar Jadi Alasan Lurah Pancoran Mas Gelar Hajatan saat PPKM Darurat

Salah satu aturan yang tercantum dalam SE tersebut adalah penumpang AKAP diwajibkan mengantongi hasil negatif tes usap antigen.

"Oleh karena itu, posko ini sebagai fasilitas untuk mempermudah bagi penumpang bus AKAP yang hendak bepergian," katanya.

Untuk tarif tes, dikatakannya, setiap penumpang dikenakan biaya sebesar Rp90.000. Layanan tes dibuka setiap hari pada pukul 08.00-15.30 WIB selama pelaksanaan PPKM darurat.

Sebelumnya, tepatnya di awal pelaksanaan PPKM darurat terjadi penurunan jumlah armada maupun penumpang melalui Terminal Tirtonadi. Pihaknya mencatat terjadi penurunan jumlah armada dan penumpang pada Sabtu (3/7/2021) dibandingkan dengan hari sebelumnya maupun periode sama minggu sebelumnya.

Salah satu petugas lapangan Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta Dwi Hartanto mengatakan pada 3 Juli 2021 jumlah armada datang sebanyak 516 armada dengan 1.506 penumpang.

Baca Juga: Siap Dimarahi Warga, Ini Alasan Polisi Tutup Total Akses Masuk Kota Surabaya

Sedangkan, jumlah armada berangkat sebanyak 486 armada dengan 2.001 penumpang. Angka ini turun dibandingkan Jumat (2/7/2021) di mana jumlah armada datang sebanyak 563 bus dengan 1.820 penumpang dan armada berangkat sebanyak 525 bus dengan 2.238 penumpang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait