alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Jenis Teh yang Bantu Kurangi Kram Menstruasi

Risna Halidi | Dian Kusumo Hapsari Rabu, 17 Maret 2021 | 19:46 WIB

4 Jenis Teh yang Bantu Kurangi Kram Menstruasi
Ilustrasi teh herbal. (Shutterstock)

Secangkir teh dapat meringankan sakit tenggorokan dan memperbaiki suasana hati yang buruk. Selain itu, secangkit teh juga bisa meredakan kram menstruasi yang menyakitkan.

SuaraSurakarta.id - Secangkir teh dapat meringankan masalah sakit tenggorokan dan memperbaiki suasana hati yang buruk. Selain itu, secangkit teh juga bisa meredakan kram menstruasi yang menyakitkan.

Teh, jika dibuat dengan bahan dan cara yang tepat, dapat digunakan untuk menenangkan diri saat mengalami kram menstruasi yang menyebabkan ketidaknyamanan parah.

Dilansir melalui Healthshots, coba buat empat teh berikut untuk membantu melawan menstruasi yang menyakitkan:

Ilustrasi Teh Herbal. (Pexels)
Ilustrasi Teh Herbal. (Pexels)

1. Teh jahe
Kamu bisa buat secangkir teh jahe dengan menyeduh jahe dan daun teh dalam air panas selama tujuh hingga delapan menit dengan api kecil. Campurkan susu bisa jadi pilihan. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan kram haid yang tidak nyaman.

Baca Juga: Rabu Hari Ini Sidang Perdana Perceraian Aa Gym dan Teh Ninih

Selain itu, sebuah penelitian yang dipublikasikan BioMed Central mencatat mengonsumsi jahe tiga kali sehari dapat mengurangi rasa sakit akibat menstruasi. Selain itu, jahe juga terbukti bermanfaat mengurangi mual, yang merupakan efek samping lain menstruasi.

2. Teh adas
Tambahkan satu sendok teh biji adas yang dihancurkan dan seperempat sendok teh daun teh ke dalam secangkir air, dan rebus campuran ini. Biarkan terendam selama delapan sampai 10 menit. Kamu juga bisa mencampurnya dengan susu. Selain itu, kamu juga bisa menghindari penggunaan daun teh, jika kamu tidak menyukai teh kental.

Adas, atau saunf, sering dikonsumsi setelah makan berat untuk membantu pencernaan, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa adas dapat sangat membantu mengatasi kembung dan kram. Adas memiliki sifat anti-karminatif dan anti-inflamasi, yang dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh menstruasi. 

3. Chamomile tea
Untuk menyiapkan teh ini, tambahkan dua hingga tiga sendok teh teh kamomil ke dalam dua cangkir air mendidih. Biarkan diseduh selama lima hingga delapan menit, tergantung seberapa kuat yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menambahkan madu ke teh ini untuk memberi rasa manis.

Teh chamomile diolah dari bunga tanaman kamomil, diketahui memiliki efek menenangkan pada tubuh yang sangat bermanfaat untuk mengatasi PMS.

Baca Juga: Terungkap! Alasan Aa Gym Gugat Cerai Teh Ninih, Ternyata Tak Terduga

Terlebih lagi, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Iranian Journal of Obstetrics, Gynecology, and Infertility mencatat bahwa teh chamomile dapat meredakan kram menstruasi yang menyakitkan, memulihkan kenyamanan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait