facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Momen Haru Rudy-Purnomo Tinggalkan Balai Kota Solo Naik Bus Umum

Ronald Seger Prabowo Rabu, 17 Februari 2021 | 13:38 WIB

Momen Haru Rudy-Purnomo Tinggalkan Balai Kota Solo Naik Bus Umum
Momen Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo meninggalkan kompleks Balai Kota Solo menggunakan bus umum yakni Batik Solo Trans (BST), Rabu (17/2/2021). [Suara.com/Budi Kusumo]

Suasana haru menyelimuti lingkungan Balaikota Solo, ketika melepas purnatugas Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Wakilnya Achmad Purnomo, Rabu (17/2/2021).

SuaraSurakarta.id - Suasana haru menyelimuti lingkungan Balaikota Solo, ketika melepas purnatugas Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Wakilnya Achmad Purnomo, Rabu (17/2/2021). Keduanya resmi mengakhiri masa jabatan sebagai pemimpin Kota Bengawan.

Meskipun jabatan wali kota dan wakil walikita baru akan berakhir, Rabu (17/0/2021) tengah malam nanti, namun Rudy dan Purnomo sudah meninggalkan Balaikota Solo sejak siang ini setelah melakukan upacara peringatan HUT ke-276 Kota Solo.

Keduanya meninggalkan balaikota menggunakan bus umum yakni Batik Solo Trans (BST). Mobil dinas yang selama ini digunakan sebagai aktivitas sudah dikembalikan ke pemerintah.

Selepas memimpin upacara, keduanya melakukan perpisahan dengan pegawai di lingkungan Balaikota Solo, dengan menyalami satu persatu Aparatur Sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Solo.

Baca Juga: Prestasi Lebihi Jokowi Sebagai Wali Kota Solo, Rudy Masih Merasa Gagal

Suasana haru nampak pada kesedihan Rudy, yang sudah berkantor di balaikoita selama 15 tahun. Dengan memberikan isyarat dukungan, Rudy, dan Purnomo, melambaikan tangan kepada para pegawai Pemkot Solo.

Sembari bus yang mengantarkannya berjalan pelan meninggalkan Balaikota, Rudy, yang duduk di depan sebelah kanan ,terus berpesan tetap akan memberikan dukungan,meski Ia tak menjabat lagi.

Dalam moment tersebut, banyak pegawai yang merasa kehilangan dan tak kuasa menahan tangis. Salah satunya, Bambang Hastanto, pegawai Pemkot Solo, ini,merasa terharu, karena menurutnya kepemimpinan Rudy yang bekerja dengan hati. 

"Dengan kepemimpinan beliau sangat menusuk di hati , artinya bekerja dengan hati. Namun kami , bagi orang Jawa dengan penuh lembah mana, selama ini. Pak Rudy, tidak membedakan satu dengan yang lainnya, kami merasa kehilangan," papar nya.

Meskipun jabatan Wali Kota Solo berakhir hari ini, namun belum ada kepastian kapan , Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso akan dilantik sebagai Wali Kota dam Wakil Wali Kota Solo.

Baca Juga: Minta Perayaan Imlek di Rumah, Wali Kota Solo Ungkapkan Alasan Ini

Sementara posisi Wali Kota Solo sementara dijabat Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Solo, Ahyani, sebagai Pelaksana Harian (PLH), selama 7 hari.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait