alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sering Terbangun dari Tidur Karena Ingin Kencing? Bisa Jadi Itu Penyakit

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 16 Januari 2021 | 02:10 WIB

Sering Terbangun dari Tidur Karena Ingin Kencing? Bisa Jadi Itu Penyakit
Seorang lelaki kencing di toilet. [shutterstock]

Sering kencing tengah malam rupanya juga sebagai tanda-tanda adanya penyakit yang bersarang di tubuh kita lho

SuaraSurakarta.id - Setiap orang pernah merasakan terbangun tengah malam. Hal itu pastinya sangat menggagu istirahat selama tidur anda. 

Namun, apakah terbangunnya anda karena ingin buang air kecil?  Hati-hati, bisa jadi ini tanda penyakit serius seperti hipertensi.

Menurut sebuah riset yang dipresentasikan di European Society of Cardiology, asupan garam dan hipertensi sama-sama terkait dengan seringnya terbangun di malam hari untuk kencing.

"Studi kami mengindikasikan jika Anda harus kencing di malam hari atau yang disebut nocturia, mungkin Anda memiliki tekanan darah yang tinggi atau cairan berlebih di tubuh Anda," tulis periset Satoshi Konno, MD, dikutip dari Health.com.

Baca Juga: Mau Tubuh Terasa Lebih Segar di Pagi Hari? Coba Lakukan 4 Peregangan Ini

Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak garam, tubuh bisa jadi mengalami retensi cairan. Retensi cairan sendiri terkait dengan tekanan darah tinggi. Artinya Anda menjadi lebih sering kencing di tengah malam.

Tapi hipertensi bukan satu-satunya penyebab nocturia. Ada tiga alasan lain yang membuat Anda harus terbangun tengah malam untuk kencing. Yakni yang pertama ialah kondisi bernama nocturnal polyuria.

"Nocturnal polyuria adalah sindrom di mana rasio produksi urine dari siang ke malam terganggu," demikian tulis sebuah laporan dari American Society of Nephrology.

Pengidap nocturnal polyuria memproduksi lebih dari 33 persen dari keluaran urine hariannya di malam hari, tulis laporan tersebut. Lalu yang kedua adalah kandung kemih Anda tidak bisa menahan jumlah air kencing yang Anda produksi di malam hari. Artinya Anda memiliki kapasitas kandung kemih malam yang rendah.

Sejumlah hal bisa menyebabkannya, termasuk infeksi dan inflamasi yang membuat Anda jadi lebih sering mengosongkan kandung kemih Anda di malam hari.

Baca Juga: Viral Pria Terciduk Kencing di Depan Rumah Orang, Ngacir saat Ditegur

Yang terakhir adalah kondisi di mana Anda memang tak bisa tidur nyenyak. Beberapa orang harus terbangun dan kencing di tengah malam karena memang tidur mereka tidak nyenyak.

Karena sering terbangun, mereka juga menjadi sering ke kamar mandi, tapi tak selalu berarti ada masalah dengan kesehatan kandung kemih mereka. Cleveland Clinic menyebutkan bahwa umumnya dalam kasus ini, bukan masalah kencing yang membangunkan seseorang.

Jika Anda mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter apa yang berpotensi menjadi penyebabnya. Masalah darurat seperti infeksi harus segera diobati.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait