facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kunjungi Rutan Solo, Anggota Komisi III DPR RI Puji Kualitas Makanan hingga Kebersihan Lingkungan

Ronald Seger Prabowo Kamis, 28 April 2022 | 14:54 WIB

Kunjungi Rutan Solo, Anggota Komisi III DPR RI Puji Kualitas Makanan hingga Kebersihan Lingkungan
Anggota Komisi III DPR RI, Eva Yuliana, melakukan kunjungan ke Rutan Klas I Surakarta atau Rutan Solo, Rabu (27/4)/2022 petang. [dok]

Politisi Partai Nasdem itu juga memanfaatkan waktu untuk berdialog dengan para warga binaan terkait aktivitas mereka selama menjalani masa tahanan.

SuaraSurakarta.id - Anggota Komisi III DPR RI, Eva Yuliana, melakukan kunjungan ke Rutan Klas I Surakarta atau Rutan Solo, Rabu (27/4)/2022 petang.

Dirinya bersyukur, dapat memastikan kualitas makanan yang dikonsumsi warga binaan dan kebersihan Rutan Solo. Pasalnya, itu menjadi bagian tugasnya sebagai legislator Komisi III DPR RI di wilayah pengawasan.

“Saya bersyukur bisa memastikan kualitas makanan yang diterima warga binaan, dan kebersihan dan lain-lain. Sebagai anggota Komisi III saya punya kewajiban melakukan fungsi pengawasan. Ini bersilaturahmi, melhat kualitas, fasilitas,” kata Eva Yuliana.

Menurutnya, kualitas makanan dan kebersihan lingkungan Rutan Klas I Solo sudah cukup bagus.

Baca Juga: Anggota Komisi III DPR RI, Eva Yuliana Apresiasi Keterbukaan Informasi Densus 88 Usai Tembak Mati Teoris di Sukoharjo

Sedangkan dari sisi bangunan, dia mengakui butuh biaya perawatan yang tinggi karena sudah masuk sebagai heritage atau cagar budaya.

Pada kesempatan itu, politisi Partai Nasdem itu juga memanfaatkan waktu untuk berdialog dengan para warga binaan terkait aktivitas mereka selama menjalani masa tahanan.

“Senang bisa silaturahmi dengan sedulur-sedulur warga binaan di Rutan Klas I Solo. Walau tidak semua bisa buka bersama kami karena kapasitas tempat dan pertimbangan lain, sehingga digilir. Tidak bisa 500 sekian warga binaan,” ujar dia.

Disinggung wacana pemindahan Rutan Solo, Eva mengaku, sudah bergulir beberapa tahun terakhir. Salah satu pertimbangannya keberadaan Rutan Solo yang dekat permukiman penduduk. Kondisi itu membawa konsekuensi bagi para pengelola Rutan.

Dirinya juga menyoroti perihal aspek kesehatan warga binaan dengan adanya dokter dan petugas medis yang standby selama 24 jam. Tidak hanya di Rutan Solo, ketersediaan tim medis menurut dia harus diperhatikan di selurun rutan.

Baca Juga: Rapat Bersama Densus 88 di Sukoharjo, Komisi III DPR RI Tegaskan Sunardi Terlibat Jaringan Terorisme

Sementara itu, Karutan Solo, Urip Dharma Yoga mengatakan kunjungan Eva Yuliana memberikan motivasi kepada warga binaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Terlebih pada bulan Ramadan yang penuh ampunan. Dia juga bersyukur ada buka puasa bersama.

Urip juga mengapresiasi paparan Eva yang mengajak para warga binaan untuk bersabar menunggu waktu kembali ke tengah masyarakat.

“Tadi dipesankan juga kepada warga binaan agar tidak mengulangi tindak pidana mereka,” katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait