facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keraton Kasunanan Surakarta Buka Lowongan Abdi Dalem, Catat Syarat Lengkapnya

Ronald Seger Prabowo Kamis, 23 Desember 2021 | 19:02 WIB

Keraton Kasunanan Surakarta Buka Lowongan Abdi Dalem, Catat Syarat Lengkapnya
Abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengarak gunungan menuju Masjid Agung pada perayaan Grebeg Sekaten. [ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha]

Selebaran lowongan sebagai abdi dalem itu tersebar di aplikasi pesan singkat Whatsapp (WA) sejak Kamis (23/12/2021) siang.

SuaraSurakarta.id - Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo membuka lowongan menjadi abdi dalem yakni Prajurit Tamtomo.

Selebaran lowongan sebagai abdi dalem itu tersebar di aplikasi pesan singkat Whatsapp (WA) sejak Kamis (23/12/2021) siang. 

Informasi tersebut dibenarkan Koordinator rekrutmen Prajurit Tamtomo Musik, Raden Tumenggung (RT) Cahyo Reksopuro. 

Cahyo menjelaskan, dalam rekruitmen ini mempunyai kualifikasi, salah satunya harus mempunyai skil bermusik dan berumur minimal 17 Tahun atau yang sudah mempunyai KTP wilayah Soloraya.

Baca Juga: Sopir Kirim Pesan Tidak Sopan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming: Saya yang Malu

"Kalau untuk umur mungkin 17 Tahun, dan harus mempunyai kemampuan bermusik, karena lowongan prajurut ini untuk Prajurit Bergodo Musik," ungkap Cahyo kepada Suarasurakarta.id.

Hal tersebut menurut Cahyo, dilakukannya rekrutmen ini karena prajurit keraton perlu adanya regenerasi. 

"Kita lihat saat ini mungkin masyarakat secara umum sudah tahu, bahwa prajurit keraton saat ini sudah banyak yang sepuh (tua). Jadi harus adanya rekruitmen baru yang jiwa muda," paparnya.

Selain itu, mengenai berapa jumlah abdi dalem yang dibutuhkan, Cahyo menambahkan perekrutan tersebut tidak terbatas.

"Namanya abdi dalem ini kan namanya mengabdi. Kalau misalkan posisi musik kuotanya melebihi, nanti kita bisa alihkan ke bergodo (prajurit) lain seperti Bergodo Prawiro Anom, Jayeng Ngastro, Sorogeni, Ndoro Pati, Tamtomo dan Panutro," terang Cahyo.

Baca Juga: Jadi Pahlawan Kemenangan Persis Solo, Gibran Beri Ungkapan Ini ke Ferdinand Sinaga

Namun demikian koordinator perekrutan prajurit tersebut saat ini masih mengutamakan lowongan untuk Prajurit Tamtomo Musik.

"Soalnya untuk alat musik Prajurit Tamtomo ini kan berbeda pada alat musik pada umumnya. seperti suling ini kan berbeda. Maka dari itu nantinya akan kita geladi atau latihan bersama terlebih dahulu untuk mencoba alat musik tersebut,"  ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga menguraikan untuk prajurit kecuali prajurit musik, tugasnya hanya berjalan membawa pedang maupun tombak yang dirasa cukup mudah.

"Tapi berbeda dengan Prajurit Tamtomo Musik, yang mana para calon prajurit ini harus bisa atau bermain musik. Yang ini prajurit perekrutan khusus," tegas dia.

Sementara usai perekrutan nanti, prajurit ini akan terus melakukan latihan bermusik menggunakan peralatan musik Keraton Kasunanan Surakarta. 

"Nantinya akan terus dilakukan geladi bermain bersama satu Minggu sekali. Dan event Kirab memutari tembok Beteng Keraton, ataupun event besar baik di dalam negeri maupun luar negeri," jelas Cahyo.

Sementara disinggung mengenai gaji pada calon prajurit tersebut, Cahyo mengungkapkan akan melihat perkembangannya dahulu. Namun demikian kalaupun ada event, Cahyo menjelaskan, akan ada gajinya.

"Ada mas. Kalaupun ada event. Tapi kita jangan melihat nominalnya nggih. Namanya Abdi Dalem kan harus menjalani pengabdian dahulu. Setelah itu kita lihat prosesnya nanti," tutupnya.

Kontributor : Budi Kusumo

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait