alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sebut Pemberian Mahar Seperangkat Alat Salat Adalah Mengejek, Begini Penjelasan Gus Baha

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 08 Oktober 2021 | 11:33 WIB

Sebut Pemberian Mahar Seperangkat Alat Salat Adalah Mengejek, Begini Penjelasan Gus Baha
Ilustrasi Gus Baha. Mahar saat menikah biasanya diberikan separangkat salat, hal itu disebut Gus Baha sebagai mengejek pengantin wanita, ini penjelasannya. (Nu.or.id)

Mahar saat menikah biasanya diberikan separangkat salat, hal itu disebut Gus Baha sebagai mengejek pengantin wanita, ini penjelasannya

SuaraSurakarta.id - Mahar atau maskawin merupakan harta yang diberikan pihak mempelai laki-laki kepada mempelai wanita saat menikah. 

Sebagian ulama berpendapat pemberian mahar hukumnya wajib. Sebagian ulama lainnya juga ada yang mengatakan hukumnya sunnah. Karena mahar tidak termasuk rukun nikah. 

Dalam Islam pemberian mahar sendiri tidak ditentukan sesuai kesanggupan dan keikhlasan dari masing-masing mempelai laki-laki dan wanita. 

Menurut tokoh Nahdhatul Ulama  asal Rembang, Jawa Tengah H. Ahmad Bahauddin atau kerap disapa Gus Baha menjelaskan pemberian mahar sebaiknya yang dapat menghargai pasanganmu. 

Baca Juga: Tentang Musik dan Santri Tutup Telinga, Gus Baha Kisahkan Nabi Muhammad SAW

Gus Baha mengungkapkan kalau pemberian mahar hanya berupa seperangkat alat salat itu sebenarnya tidak etis. Karena dinilai tidak menghargai usaha orang tua saat membesarkan putrinya. 

"Menurut saya itu agak haram. Saya kan kiai dan sering mengakadkan, sampai bosan ketika pengantin ditanyai, maharnya apa? Pasti jawabnya, Seperangkat alat sholat. Menurut saya ini kriminal," ujar Gus Baha melalui unggahan video di channel YouTube Online Berbagi. 

Dirinya pun membandingkan jika wanita nakal yang berada di jalan saja berani dihargai mahal. Masa untuk pendamping hidup yang akan menemani seumur hidup tidak dihargai. 

"Masak orang sholehah harganya seperangkat alat shalat untuk selamanya. Itu menghargai orang sholehah atau tidak? Jelas tidak. Jadi, makanya pada tidak barakah," imbuhnya. 

Tak hanya itu saja, menurut Gus Baha pemberian mahar berupa seperangkat alat salat sama halnya dengan merendahkan pasanganmu. 

Baca Juga: Gus Baha Tegas Katakan Musik Haram, Tapi Jangan Vonis Kyai yang Memainkan Musik

"Pertama, jika calon istri tidak shalat, dengan memberi seperangkat alat shalat, berarti sama dengan mengejek dia karena tidak shalat," ujarnya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait