alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Smartphone yang Jarang Diketahui

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah Minggu, 12 September 2021 | 09:00 WIB

Fungsi Smartphone yang Jarang Diketahui
Ilustrasi smartphone. (Pexel)

Salah satu fungsi smartphone adalah sebagai remote perangkat elektronik.

SuaraSurakarta.id - Pada era digital seperti sekarang ini, bisa dikatakan hampir sebagian besar orang telah memiliki smartphone. Smartphone sudah menjadi bagian krusial bagi hidup sebagian besar orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sayangnya, tak banyak orang mengetahui fungsi smartphone lainnya, di samping untuk berkomunikasi dan mengakses media sosial yang ada.

Apa Kata Para Ahli Mengenai Fungsi Smartphone?

Ada beragam penjelasan mengenai fungsi smartphone menurut para ahli. Menurut Derry Iswidharmanjaya misalnya, smartphone merupakan perangkat elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi praktis untuk membantu pekerjaan manusia. Sedangkan menurut Garini, ponsel pintar atau smartphone merupakan perangkat kecil, namun memiliki banyak fungsi.  

Dari kedua pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa smartphone merupakan perangkat elektronik yang memiliki beragam fungsi, yang mana fungsinya membuat kerja manusia jadi lebih mudah. Tentu saja fungsinya tidak hanya untuk berkomunikasi, karena ada banyak fungsi smartphone lain yang mungkin saja belum diketahui oleh banyak penggunanya. 

Baca Juga: Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Vivo X70, X70 Pro, dan X70 Pro Plus

5 Fungsi Smartphone yang Jarang Diketahui 

Smartphone lebih dari sekedar media untuk berkomunikasi ataupun mengakses media sosial. Namanya saja smartphone atau ponsel pintar, sudah pasti memiliki banyak fungsi menarik yang sayangnya tidak begitu diketahui oleh banyak orang. Penasaran apa saja fungsi tersembunyi dari smartphone yang bisa Anda gunakan? Cek ulasannya berikut ini.

1. Sebagai Kompas atau Penunjuk Arah

Kompas atau penunjuk arah merupakan benda yang sifatnya krusial bagi sebagian orang. Bagi para pendaki misalnya, dengan menggunakan kompas mereka akan mudah mengetahui arah mana yang tepat untuk dituju. Dengan begini, para pendaki pun akan terhindar dari kemungkinan tersesat di tengah hutan.

Manfaat yang sama juga dirasakan oleh penganut agama Islam yang kesulitan menentukan arah kiblat karena berada di wilayah baru yang belum diketahui. Dengan menggunakan kompas mereka bisa mengetahui arah kiblat yang tepat, yaitu arah barat. Sehingga beribadah pun akan bisa dilakukan dengan saksama.

Baca Juga: Tips Mudah Bikin Podcast dengan Smartphone

Alih-alih membawa kompas ke mana pun Anda pergi, Anda bisa memanfaatkan smartphone sebagai kompas atau penunjuk arah. Ada smartphone yang sudah dilengkapi dengan aplikasi kompas bawaan atau yang diunduh terlebih dahulu. Dengan begini, Anda jadi lebih mudah menentukan arah tanpa harus membawa kompas ke mana pun Anda pergi.  

2. Sebagai Remote Perangkat Elektronik

Siapa sih yang tak kesal dengan remote televisi yang sering hilang entah ke mana saat akan digunakan? Hal yang sama juga berlaku bagi remote perangkat elektronik lain seperti remote AC yang kerap kali tak bisa ditemukan saat akan digunakan. Jika sudah begini, tentu Anda akan kesulitan untuk mengoperasikan perangkat elektronik tersebut.

Daripada kesal sendiri mencari remote yang tak tahu terselip di mana, Anda bisa jadikan smartphone yang dimiliki sebagai remote sementara. Kok bisa sih smartphone dijadikan sebagai remote? Alasannya karena beberapa smartphone tertentu telah dilengkapi fitur infrared, sehingga memungkinkan untuk mengirim sinyal ke televisi, AC, atau perangkat elektronik lainnya.

Smartphone buatan Tiongkok seperti Vivo, merupakan salah satu smartphone yang dilengkapi dengan infrared, sehingga memungkinkan untuk dijadikan sebagai remote control. Agar bisa menikmati salah satu fungsi tersembunyi dari smartphone, Anda bisa unduh dan instal dulu aplikasi tambahan, untuk memungkinkan smartphone Anda bekerja sebagai remote control.

3. Sebagai Tetikus atau Mouse Laptop atau Komputer

Fungsi smartphone selanjutnya adalah sebagai tetikus atau mouse. Jika tetikus yang Anda miliki rusak atau mungkin tertinggal, maka Anda bisa memanfaatkan smartphone yang Anda miliki sebagai tetikus tersebut. Penggunaan smartphone sebagai tetikus bisa dilakukan dengan melalui koneksi Bluetooth, USB, atau pun Wi-Fi.

4. Menerjemahkan Bahasa Asing secara Otomatis

Smartphone yang Anda miliki juga bisa dimanfaatkan sebagai kamus bahasa asing, loh! Bagi pelajar, fungsi smartphone satu ini sangat membantu dalam belajar. Manfaat smartphone bagi pelajar dan masyarakat luas dalam pemakaian kamus bahasa asing bisa dilakukan tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan, karena beberapa produk smartphone sudah menyediakan aplikasi bawaan berupa kamus. 

Cara penggunaannya pun mudah dipelajari dan tidak ribet. Fitur untuk menerjemahkan ini bisa digunakan dengan cara di klik sekali saja, maka akan bisa langsung menerjemahkan tulisan dalam bahasa asing ke bahasa yang diinginkan. Dengan begini, Anda tak perlu pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain untuk mengetahui makna dari tulisan dalam bahasa asing tersebut. 

5. Sebagai Mikrofon Laptop

Saat presentasi, ada kalanya Anda membutuhkan mikrofon untuk memungkinkan suara Anda terdengar dengan jelas oleh para audiens. Jika tak tersedia perangkat mikrofon, Anda bisa menjadikan smartphone Anda sebagai mikrofon. Cukup unduh aplikasi untuk menjadikan smartphone sebagai mikrofon secara gratis, lalu Anda bisa langsung menggunakannya.

Tentu saja, kualitas smartphone yang Anda miliki akan menentukan kualitas suara yang nanti dihasilkannya. Oleh sebab itu, pastikan Anda hanya membeli smartphone dengan kualitas baik saja, untuk bisa dimanfaatkan sebanyak mungkin fungsinya dengan optimal, di mana salah satu manfaatnyanya dapat dijadikan sebagai mikrofon pribadi Anda.

Pembelian smartphone yang berkualitas bisa dilakukan dengan mudah dan kapan saja, melalui marketplace seperti Blibli. Anda bisa beli smartphone berkualitas pilihan di Blibli dengan harga terjangkau, karena Blibli menawarkan begitu banyak promo menarik, seperti diskon dan cashback untuk memuaskan pelanggannya.

Seperti namanya, smartphone atau ponsel pintar memiliki banyak fungsi yang bisa meringankan kerja penggunanya, termasuk fungsi smartphone tersembunyi yang disebutkan di atas. Fungsi HP Android atau pun smartphone dengan sistem operasi lainnya ini pun, bahkan bisa digunakan tanpa mengunduh aplikasi tambahan alias sudah tersedia sebagai aplikasi bawaan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait