alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Selain Bertemu Gibran, Airlangga Sowan ke Keraton Solo, Ada Apa?

Ronald Seger Prabowo Minggu, 15 Agustus 2021 | 11:24 WIB

Selain Bertemu Gibran, Airlangga Sowan ke Keraton Solo, Ada Apa?
Silaturahmi Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto ke Keraton Solo. [Timlo.net]

Airlangga diketahui masih memiliki garis keturunan Kiai Ageng Gribig yang dimakamkan di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah.

SuaraSurakarta.id - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto diketahui sempat berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta, Sabtu (14/8/2021) sore.

Kunjungan itu dilakukan setelah dia lebih dulu bertemu dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Rumah Dinas Loji Gandrung.

Usut punya usut, Airlangga diketahui masih memiliki garis keturunan Kiai Ageng Gribig yang dimakamkan di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. Kiai Ageng Gribig sendiri diyakini masih merupakan keturunan Raja Brawijaya V.

Ada andil Keraton Kasunanan Surakarta dalam pembangunan makam Kiai Ageng Gribig. Yakni, cungkup utama makam Kiai Ageng Gribig adalah pemberian Raja Keraton Kasunanan Paku Buwono X pada 1908.

Baca Juga: Desa Negara Ratu Jadi Percontohan Penerapan Prokes

“Ini agenda silaturahmi bersama sinuhun dan keluarga. Membahas mengenai situasi kekeluargaan saja. Selain itu, tadi juga melihat situasi di keraton,” kata Airlangga.

Salah seorang kerabat keraton, Koes Raharjo menjelaskan, kedatangan Airlangga Hartarto ke Keraton Kasunanan Surakarta bukan sesuatu yang aneh ataupun berlebihan. Pasalnya, Airlangga memiliki hubungan erat dengan keluarga keraton.

“Pendahulu beliau memiliki hubungan erat dengan keraton. Jadi beliau seperti keluarga sendiri,” tuturnya.

Kunjungan ke Keraton sendiri, sempat ditafsirkan sebagian kalangan untuk mencari dukungan. Apalagi, Airlangga juga dijagokan untuk maju dalam Pilpres 2024. Sejumlah baliho juga terpasang di beberapa titik di Indonesia.

Sementara itu, pihak Keraton enggan untuk memberikan tanggapan perihal kunjungan orang nomor satu di Partai Golkar tersebut.

Baca Juga: Berita Duka Cita, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Meninggal Dunia

Sumber: Timlo.net

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait