alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemkot Surakarta Siapkan 11 Tokoh Penerima Vaksin Covid-19 Pertama

Budi Arista Romadhoni Rabu, 13 Januari 2021 | 17:30 WIB

Pemkot Surakarta Siapkan 11 Tokoh Penerima Vaksin Covid-19 Pertama
Vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Turki. (Anadolu Agency/Aytug Can Sencar)

Vaksinasi Covid-19 di Surakarta akan diberikan kepada 11 tokoh dan selanjutnya diberikan untuk tenaga kesehatan

SuaraSurakarta.id - Vaksinasi Covid-19 di Solo akan dilakukan di Rumah Sakit Bung Karno (RSBK) Surakarta, pada besok Kamis (14/1/2021). Pemberian vaksin tahap pertama akan diberikan ke 11 tokoh yang ada di Kota Solo. 

"Kami siapkan 11 tokoh, di antaranya ada Kapolresta Surakarta, Ketua DPRD, dan Kepala Kejaksaan Negeri Surakarta," kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dilansir dari ANTARA di Solo, Rabu (13/1/2021). 

Selanjutnya, dikatakannya, untuk tahap pertama akan diikuti oleh para tenaga kesehatan. Untuk Vaksin Sinovac yang rencananya digunakan pada tahap pertama ini sudah sampai di Kota Solo pada Selasa (12/1/2021) malam.

"Sebetulnya jumlah tenaga kesehatan ada 10.620 orang, namun yang baru kami terima 10.609. Saya minta kekurangan 11 ini diselesaikan dulu, baru kemudian tahap selanjutnya," katanya.

Baca Juga: Politisi PDIP Tolak Vaksin Covid-19, Wali Kota Padang Beri Jawaban Menohok

Ia mengatakan pada program vaksin tahap pertama, Solo menjadi satu dari tiga daerah pertama di Jawa Tengah yang menerimanya. Selain Kota Solo, ada pula Kabupaten Semarang dan Kota Semarang.

"Ya ini harus disyukuri karena yang terpapar makin banyak. Kemarin saja tambahnya 250 warga yang terpapar," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan untuk vaksin pada Kamis (14/1) akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB. Ia mengatakan untuk saat ini vaksin didistribusikan ke 33 fasilitas kesehatan yang ada di Solo.

"Akan kami konsolidasikan secara teknis terhadap distribusi vaksin ke faskes. Ke-33 faskes ini terdiri dari puskesmas, Klinik Bhayangkara, dan rumah sakit," katanya.

Ia mengatakan pemberian vaksin secara keseluruhan akan dilakukan secara bertahap sebanyak empat tahap. Sesuai dengan roadmap, pemberian vaksin akan dilakukan sampai dengan Bulan Maret 2022.

Baca Juga: Geger! Rocky Gerung Bongkar Jokowi Paksa BPOM Keluarkan Izin Vaksin Sinovac

"Setelah tenaga kesehatan, akan diberikan ke TNI/Polri, petugas publik, dan kelompok berisiko lainnya," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait